ISTANBUL – Pebalap F1 dari tim Mercedes, Lewis Hamilton akhirnya secara resmi mengunci gelar juara dunia Formula 1 musim 2020 usai memenangkan seri Grand Prix Turki, Minggu (15/11).

Gelar ini merupakan koleksi juara dunia ke-7 bagi Hamilton yang sekaligus membuat pebalap Inggris tersebut kini menyamai rekor Michael Schumacher yang juga mengoleksi tujuh gelar juara dunia.

Balapan F1 Turki sendiri berlangsung dramatis. Lewis Hamilton memulai lomba dari posisi keenam, dan perlahan merangkak ke posisi depan hingga finish pertama disusul Sergio Perez di podium kedua.

Baca juga :  Dengan RCV213V-S, Konsumen Nikmati Sensasi Jadi Marc Marquez

Sementara itu, GP Turki menghadirkan catatan tersendiri karena untuk pertama kalinya pebalap Ferrari, Sebastian Vettel berhasil mencicipi podium di tahun 2020 ini dengan finish ketiga.

Secara keseluruhan, capaian Hamilton musim ini sangat mengagumkan. Ia meraih 10 kemenangan dari 14 balapan yang sudah berjalan.

Masih ada 3 balapan tersisa, namun dari hitung-hitungan poin di klasemen, koleksi poin Hamilton dipastikan sudah tidak akan terkejar oleh para kompetitornya. [po/rst]