JAKARTA – Mobil Listrik Blits hasil kolaborasi Universitas Budi Luhur (UBL) beserta Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. hari ini Senin (12/11) secara resmi dihadirkan ke publik, bertempat di Kampus UBL Cileduk Jakarta Utara.

Nama yang diberikan kepada mobil listrik Blits ini merupakan kependekan dari dua nama  Universitas UBL dan ITS, Blits sendiri merupakan 100% mobil listrik yang mengunakan battery pack berkapasitas 90 kwh, maximum voltage 380V, base voltage 350V, max discharge current 777A dan bas discharge current 259A.

Baca juga :  Penjualan Mitsubishi di GIIAS 2019 Melebihi Ekspektasi

“Proyek Blits ini merupakan inovasi mobil listrik yang dilahirkan dari anak bangsa sendiri, yang bisa dikenal oleh dunia,” ujar Kasih Hanggoro, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti.

Muhammad Nur Yuniarto dosen pembimbing sekaligus ketua tim mobil listrik Blist, menambahkan saat kondisi baterai penuh Blits dapat menempuh jarak hingga 400 -500 Km dengan kecepatan mencapai 100 Km/jam.

Sementara itu Blits dalam waktu dekat akan melalui tahap pengujian dengan melakukan perjalan menempuh jarak sejauh 15.00 Km pada Rabu, (14/11), memulai start dari Jakarta menuju Sumatera hingga titik O Km Sabang, selanjutnya menuju Kalimantan, Sulawesi, maluku, Papua, Nusa Tengara, Bali hingga finish di Kota Surabaya.

Baca juga :  Kembangkan AMMDes Listrik, Kemenperin Rangkul Universitas & Swasta

“Perjalanan menjelajahi Indonesia nanti kami bekerjasama dengan PLN. Di kota-kota yang kami singgahi nanti kami akan me-recharge baterai di kantor PLN, sekaligus sharing seputar mobil listrik,” ungkap Nur Yuniarto.

Desain tampilan Blits dibuat lakyaknya kendaraan yang cukup tangguh mulai dari Bentuk Bodi, kaki-kaki, Suspensi, Ban yang besar, hingga sasis tubular diharapkan Blits dapat melewati jalanan dengan kondisi offroad, selain itu kedepan diharapkan Blits dapat ikut dalam kompetisi Rally Dakar yang akan berlangsung di Argentina nanti. [Po/Ajr]

Baca juga :  "Jelajah Nusantara" Jadi Pembuktian Honda CR-V Turbo

Leave a Reply

Your email address will not be published.