JAKARTA – Pameran otomotif khusus kendaraan komersial yakni Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 dipastikan akan diselenggarakan pada tanggal 5-8 Maret mendatang di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Secara keseluruhan, pameran GIICOMVEC tahun ini tidak akan jauh berbeda dibandingkan dengan edisi dua tahun lalu.

Hanya saja, Gaikindo sebagai penyelenggara akan lebih menonjolkan edukasi yang komprehensif termasuk isu safety. Hal ini diwujudkan Gaikindo dengan menjalin kerjasama dengan Kementerian Perhubungan Darat.

“Kami akan menjalin komunikasi yang lebih intens dengan Kemenhub untuk mengkomunikasikan konsep yang lebih aman untuk kendaraan komersial di jalan raya. Mengingat sekarang ini masih banyak kecelakaan yang melibatkan kendaraan berdimensi besar seperti truk dan bus,” ujar Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, Selasa (4/2) di Eastern Opulence Restaurant.

Baca juga :  Mobil Ini Seperti VW Combi Versi Masa Depan

GIICOMVEC 2020 diharapkan jadi solusi bagi visitor untuk menemukan kebutuhan mereka di satu tempat. Mulai dari kendaraan komersial, lalu karoseri pembuat bodi kendaraan hingga aksesoris yang dibutuhkan untuk kegiatan bisnis.

Sementara itu, Ketua III Gaikindo yang juga Ketua Penyelenggara GIICOMVEC 2020, Rizwan Alamsjah menjelaskan bahwa keterkaitan antara industri kendaraan komersial dengan industri pendukungnya sangat erat dan hampir tidak mungkin dipisahkan. Sehingga kehadiran berbagai brand di industri ini sangat penting.

“Konsep pameran ini masih B to B, makanya penyelenggaraan kurang lebih masih mirip dengan dua tahun lalu. Hanya saja kami ingin menawarkan sesuatu yang lebih komprehensif. Sampai saat ini pelaku industri kendaraan komersial dan pendukungnya siap ikut berpartisipasi. Ada 46 peserta (brand). Pastinya akan memberikan benefit tersendiri bagi para pebisnis yang ingin menemukan solusi tepat bagi bisnis angkutannya,” terang Rizwan.

Baca juga :  GIICOMVEC 2020 akan Hadir Maret Mendatang di JCC

Rizwan juga menambahkan, dalam gelaran GIICOMVEC 2020 pihaknya juga bekerjasama dengan berbagai asosiasi angkutan umum dan transportasi di Indonesia.

Di antaranya adalah Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo), Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) dan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo).

Adapun brand-brand (APM) yang saat ini sudah terdaftar antara lain Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, dan United Tractors.

Baca juga :  Kenali Potensi Bahaya Saat Berkendara di Dekat Truk

Sedangkan dari industri pendukung antara lain Adi Putro karoseri, Alcoa Wheels, Aspira, Astra Otoparts, Blackvue, BRQ, GS Astra, Himawan Putra, Incoe, MRF Tyres, PanaOil, Techindotama, Topy, Trubo Engineering, Wintor, dan lain-lain. [Po/rst]