BANTEN – Setelah sukses dengan Kejurnas Sprint Rally Putaran 1 pada April 2021 silam, Kawasan Tanjung Lesung, Banten, kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2021 untuk Putaran 2. Bertajuk “Merdeka Speed & Sprint 2021”, event balap bergengsi di tingkat nasional ini berlangsung pada 22-24 Oktober 2021.

Diwarnai hujan yang mengguyur deras, kejuaraan berlangsung sangat kompetitif. Mitsubishi Xpander Rally Team, lewat pereli nasonal Rifat Sungkar dan navigator M. Redwan, tetap mampu berada di deretan atas pereli terbaik nasional. Lintasan gravel menjadi tantangan tersendiri bagi mobil rally Xpander AP4 yang menjadi andalan Rifat Sungkar dan M. Redwan.

Pada SS1 yang berlangsung di pagi hari, terjadi masalah di bagian turbo dan membuat mobil mendadak mati saat start. Meski masih dapat melanjutkan lomba, Rifat Sungkar tidak dapat memacu kendaraanya secara maksimal. Pasalnya, di tengah lintasan intercooler mobilnya menjadi overheat, laju mobilpun menjadi terhambat.

Baca juga :  Ali Adriansyah Jadi Penantang di Asian Superbike 1000 cc

Di SS1 itu Rifat dan Redwan harus puas berada di peringkat 4 dengan mencatat waktu 05:43.0 atau tertinggal 8 detik di belakang posisi pertama yang dipegang oleh pasangan H.M Rihan Variza dan Andy Rendy.

Setelah kerusakaan diperbaiki, Rifat Sungkar mampu tampil perkasa di SS2 dengan mencatat waktu 02:42.5 dan tampil menjadi yang tercepat di stage yang dimulai setelah shalat Jumat itu. Dengan hasil tersebut, Rifat mampu memangkas catatan waktunya hingga 8 detik untuk mendekati pemuncak klasemen.

Dengan hasil yang bagus di SS2, optimisme kembali menguat untuk menghadapi stage pamungkas yaitu SS3. Sayangnya, keadaan berkata lain. Menjelang start, hujan deras mengguyur arena. Kondisi ini membuat keadaan kembali sulit, apalagi Xpander AP4 mendapat urutan start di bagian akhir, sebuah kondisi yang jauh dari menguntungkan.

Baca juga :  Ajang Reli Internasional APRC Asia Cup Siap Berlangsung di Medan

Selain karena lintasan semakin rusak, Xpander Rally Team terhalang oleh mobil-mobil yang start di depannya yang mengalami kendala di trek. Mobil pun tidak dapat dipacu maksimal. Di SS3 itu catatan waktu semua peserta di Kelas M, yang mendapat giliran start di bagian akhir, melorot tajam termasuk Rifat Sungkar dan M. Redwan. Akhirnya mereka harus puas berada di posisi kedua dengan catatan waktu 11:07.5.

“Pada event kali ini kami mengalami berbagai kendala, mulai dari kendala teknis maupun cuaca. Setelah tidak maksimal di SS pembuka, kami berhasil memperbaiki catatan waktu di SS2. Sayangnya hujan deras mengguyur menjelang Kelas M memulai lomba, sehingga semakin sulit membukukan catatan waktu yang bagus,” ucap Rifat Sungkar.

Baca juga :  Yamaha MotoGP 2019: Bye Bye Movistar, Welcome Monster Energy

Meski finish di runner up, namun di Klasemen Umum Kejurnas Sprint Rally 2021 Xpander Rally Team masih berada di posisi teratas.

Rifat Sungkar sendiri tetap optimis Mitsubishi Xpander AP4 masih mampu memberikan yang terbaik pada putaran berikutnya sekaligus mengamankan gelar Juara Umum Kejurnas Sprint Rally 2021.