CHINA – Toyota Motor Corp memutuskan untuk sementara menutup pabriknya di China menyusul penyebaran virus Corona yang mematikan.

Seperti diketahui Toyota punya dua fasilitas pabrik yang berlokasi di Tianjin dan Guangdong.

Untuk sementara kedua fasilitas pabrik tersebut stop beroperasi dan akan rencananya akan kembali dibuka pada tanggal 9 Februari 2020 mendatang.

“Ada kekhawatiran mengenai dampak terhadap ekonomi global dari penyebaran infeksi di China, gangguan transportasi, pembatalan tur kelompok dari China dan perpanjangan dalam Liburan Tahun Baru Imlek,” kata Nishimura seperti dikutip dari reuters.

Baca juga :  Toyota Galakkan Program Pengembangan Supplier Lokal

Pihak Toyota juga mengakui penutupan pabrik dan ancaman virus Corona ini berdampak buruk terhadap produksi dan keuntungan perusahaan.

“Jika situasinya membutuhkan waktu lebih lama untuk mereda, kami khawatir hal itu dapat merusak ekspor, produksi, dan keuntungan perusahaan Jepang melalui dampak pada konsumsi dan produksi China,” beber Nishimura.

Sebelumnya, perusahaan otomotif Renault juga memutuskan menutup pabrik dan membuka kembali pabriknya di China pada 10 Februari nanti. [Po/rst]