MELBOURNE – Seri pembuka Formula 1 2020 Grand Prix Australia yang seharusnya berlangsung Minggu (15/3) akhir pekan ini diputuskan batal.

Pembatalan ini berawal dari pengunduran diri McLaren yang tidak ingin tampil di GP Australia setelah anggota timnya dinyatakan positif COVID-19 (Corona).

“Mengikuti konfirmasi bahwa seorang anggota Tim McLaren telah dinyatakan positif COVID-19 dan keputusan tim untuk menarik diri dari Grand Prix Australia, FIA dan Formula 1 mengadakan pertemuan dengan sembilan prinsipal tim lainnya pada Kamis (12/3/2020) malam,” jelas keterangan resmi penyelenggara.

Baca juga :  Pebalap GRT Sukses Raih Podium 2 di Daytona Indoclub Championship 2019

Adapun hasil diskusi ternyata mayoritas tim dan peserta F1 memilih agar balapan di Sirkuit Albert Park, Melbourne dibatalkan.

“Pendapat mayoritas tim bahwa perlombaan tidak dilanjutkan. FIA dan Formula 1, dengan dukungan penuh dari Grand Prix Corporation Australia (AGPC) telah mengambil keputusan bahwa semua kegiatan Formula 1 untuk Grand Prix Australia dibatalkan,” lanjut keterangan resmi penyelenggara.

Sebelumnya, Mercedes F1 Team juga sempat mengirim surat permohonan kepada F1 dan FIA agar Grand prix Australia dibatalkan. Mercedes menilai kemanan dan keselamatan semua orang yang ada di F1 lebih penting.

Baca juga :  Lewis Hamilton Berpesta di F1 GP Spanyol, Verstappen Gagalkan Podium Vettel

“Kami harus berbagi kekecewaan dengan para penggemar bahwa perlombaan ini tidak dapat berjalan sesuai rencana. Namun, kesehatan fisik dan mental serta kesejahteraan anggota tim kami dan komunitas F1 yang lebih luas adalah prioritas utama kami,” demikian kutipan surat Mercedes yang dilansir dari Crash. [po/rst]