JAKARTA – Taksi terbang alias drone tanpa awak yaitu EHang 216 mengudara di depan publik pada ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran, Sabtu (9/4/2022). 

Demo terbang ini juga sekaligus menjadi seremoni Prestige Aviation (PT Prestisius Aviasi Indonesia) milik Rudy Salim yang berencana untuk melakukan pre-order kendaraan udara otonom EHang 216. 

Rudy Salim berencana bakal memesan 100 unit EHang 216. Rudy yang menjabat sebagai Executive Chairman Prestige Aviation, menegaskan bahwa kedatangan 100 unit EHang dilakukan secara bertahap. Saat ini pihaknya sedang mengurus perijinan. 

Baca juga :  PT SIS Hadirkan Raja Pick Up Indonesia di IIMS 2019

“Kedatangan 100 unit ini akan bertahap dan saat ini kita lagi pengurusan perijinan atau tes sertifikasi yang harusnya dalam waktu dekat keluar dan kemudian akan kita datangkan bertahap,” kata Rudy. 

Rudy menegaskan taksi terbang Ehang 216 merupakan transportasi tanpa awak. Taksi terbang ini sudah beroperasi di beberapa negara. 

“Pengendaliannya ground control. Hari ini karena pilot kita masih dalam rangka pelatihan, semua penerbangan tadi diterbangkan langsung dari ground control di China. Untuk dicoba dengan penumpang sudah dilakukan di dunia, seperti di Dubai untuk pariwisata,” sambung Rudy. 

Baca juga :  Tak Hanya Mobil Listrik, GIIAS 2021 Hadirkan Sederet Mobil-mobil dengan Potongan PPnBM

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyambut baik operasional taksi terbang EHang 216 ini. 

“Karena bisnis kita adalah airlines kargo jadi untuk kebutuhan logistik kargo. Tapi yang kita uji terbang kali ini adalah milik IMI, untuk keperluan olahraga otomotif seperti off-road. Kemarin kita rencananya pakai di Mandalika, tapi karena ada Aerospace jadi batal. Ini akan kita pakai ini di Sumbawa, kita akan gelar MXGT atau motocross kelas dunia tanggal 29 Juni,” ungkap Bamseot. 

Baca juga :  Generasi New Carry Pick Up Suzuki Kini Lebih Bertenaga dan Irit BBM

Bamsoet sendiri mengaku ikut memesan 10 unit EHang 216. “Saya sendiri order 10 unit, tetapi yang kapasitas 4 kursi atau 400 kilogram, kalau ini kan kapasitas 2 kursi atau 200 kg,” bebernya.