JAKARTA – Empat bulan, bikers di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) ditantang untuk melahirkan ide kampanye safety riding.

Panitia Safety Campaign Award (SCA) yang diprakarsai oleh PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) menerima ratusan proposal dari club dan komunitas sepeda motor.

Dari ratusan proposal tersebut terjaring 10 ide terbaik yang selanjutnya menjadi finalis dan berhak mengikuti proses selanjutnya, implementasi program kampanye dalam masyarakat. Program menularkan virus road safety ini dilakukab finalis dengan menarik.

Edo Rusyanto & Rully Wisaksono

Pengumuman finalis terbaik pun amat ditunggu tunggu. Penyerahan anugerah SCA 2018 berlangsung hari Sabtu (1/12) di Paradigma Cikini, Jakarta. 

Selain para finalis, hadir dalam penganugerahan ini yaitu Wayan Pariama, Chief Marketing Officer Adira Insurance, Hananta Praditya, Chief HR & General Service Officer Adira Insurance, serta Edo Rusyanto, Ketua Dewan Juri SCA 2018.

Wayan Pariama mengatakan, SCA kembali digelar untuk memberikan apresiasi bagi komunitas motor yang mengkampanyekan keselamatan di jalan. “Ajang ini juga sebagai komitmen Adira Insurance untuk terus menularkan virus road safety serta berjuang secara bersama-sama untuk menurunkan angka fatalitas kecelakaan khususnya di wilayah Jabodetabek,” ungkapnya.

Baca juga :  CBR Tangerang Club Punya Aksi Nyata Mengatasi Lelah Saat Berkendara

Mengusung tema Bikers Ready for Road Safety, para bikers diajak untuk membuat kampanye yang unik dengan tetap mengacu pada konsep road safety yang baik dan benar. Pesan dari kampanye tersebut diharapkan dapat tersebar luas dan dapat memberikan dampak yang berlipat ganda bagi peningkatan kesadaran masyarakat atas pentingnya keselamatan jalan.

Edo Rusyanto selaku Ketua Dewan Juri SCA 2018 sangat mengapresiasi keseriusan Adira Insurance dalam menggelar ajang SCA. “Salut untuk komitmen, dedikasi dan kontribusi nyata Adira Insurance. Dengan peran aktif banyak pihak, maka program keselamatan jalan yang dicanangkan pemerintah dapat tercapai tepat sasaran dan tepat waktu,” ujar Edo.

Penerima Anugerah SCA 2018:

CBR TAngerang Club

CBR Tangerang Club sebagai juara SCA 2018 melakukan kampanye dengan menebarkan pentingnya penggunaan dan seluk beluk helm di kalangan remaja. Data menyebutkan, 80% fatalitas kecelakaan lalu lintas akibat tidak menggunakan helm, penggunaan helm yang salah, dan salah ukuran helm.

Baca juga :  Aksi Bikers Verza Bekasi, Kampanye Safety di Lingkungan Warga

Dhian, Ketua Pelaksana Kegiatan SCA CBR Tangerang Club mengatakan, dalam implementasi proposal pihaknya mengundang pelajar SMA-SMK se-Tangerang ke Mal TangCity. “Para pelajar ini diedukasi tentang aturan helm, tata cara penggunaan helm yang benar, bahkan perawatannya. Tentu tak lupa kami selingi dengan safety riding juga,” ungkap Dhian.

Independent Bikers Club (IBC) 

Sebuah kampanye tajam menyasar kalangan pemula menjadi kekuatan Independent Bikers Club (IBC) sebagai juara kedua SCA. IBC menggandeng Kanit Dikyasa Polres Tangerang Selatan, Ipda Hery Sulistiono menilai SD Jaya Plus Montessori untuk layak menjadi sekolah percontohan yang peduli terhadap keselamatan jalan.

Baik pihak sekolah maupun kepolisian menyatakan, pentingnya penyuluhan memakai helm bagi pengantar anak ke sekolah. Dari penyuluhan ini dibuatkan Surat Keputusan Bersama kepolisian dan sekolah yang intinya mengajak para pengantar anak, khususnya orangtua murid untuk menumbuhkan budaya disiplin kepada anak sejak usia dini. Helm gratis juga disebar di acara ini.

Verza Rider Community Indonesia (VRCI) Region Bekasi 

VRCI dinobatkan sebagai juara ketiga setelah menggelar rangkaian kegiatan safety riding dengan acara unik dan menarik. VRCI melakukan kampanye di tengah lingkungan warga di sebuah Perumahan di Bekasi. Rangkaiannya antara lain, bersama warga melakukan kerjabakti, membuat mural (gambar) edukasi keselamatan jalan raya.

Baca juga :  KOSTER Indonesia Ajak Ojol Pahami Pengalihan Risiko Kecelakaan Bersama BPJS

Untuk anak-anak dibuatkan lomba mewarnai yang menggiring mereka memahami perlindungan diri dan keluarga di jalan raya. VRCI Bekasi lalu memaparkan pentingnya pengalihan risiko kecelakaan bersama BPJS Ketenagakerjaan ataupun asuransi lainnya yang diselenggarakan oleh negara. [Po/Haz]

Leave a Reply

Your email address will not be published.