JAKARTA – Isu emisi karbon yang berasal dari kendaraan bermotor saat ini menjadi isu hangat. Hal ini pula yang membuat pabrikan otomotif berlomba-lomba untuk menghadirkan kendaraan baru emisi rendah dan ramah lingkungan.

Bahkan tak cukup dengan jenis mobil ramah lingkungan saja, bahkan industri otomotif sudah mulai mengarah ke jenis kendaraan nol emisi seperti mobil listrik.

Meski demikian, untuk pengguna kendaraan lawas atau yang sudah terbilang tua kini tidak perlu khawatir. Pasalnya kendaraan lawas yang diklaim tinggi emisi sekarang bisa mengimbangi emisi kendaraan-kendaraan keluaran baru.

Baca juga :  Head Unit Canggih untuk Fortuner dan Pajero Sport Seharga Rp12 Juta, Apa Keunggulannya?

Direktur PT Maju Gemilang Persada (Maxxwire), Giman menjelaskan bahwa dari hasil pengujian untuk emisi, hasilnya sangat memuaskan.

“Kemaren kita tes di mobil Jazz (lama) untuk CO2 nya. Itu yang tadinya 0,87 (Co2) sampai 0,46. Itu sangat signifikan pengurangan emisi Co2 nya. Tapi kalau untuk motor kita belum sempat tes,” ujar Giman saat peluncuran Maxxwire series, Kamis (26/11/2020).

Giman menambahkan, perangkat Maxxwire memang lebih diperuntukkan bagi kendaraan-kendaraan lama.

Baca juga :  Program Defensive Driving Michelin, Bagi Disabilitas dan Ojek Online

“Lebih diutamakan untuk mobil lama. Karena untuk mobil-mobil baru yang sudah Euro 4 atau Euro 5 tanpa kabel ini emisinya sudah rendah. Jadi ini lebih cocok dipakai mobil lama untuk mengurangi emisinya,” lanjut Giman.

Pada dasarnya, produk MaxxWire merupakan piranti tambahan bagi kendaraan yang berfungsi menyempurnakan kelistrikan.

Baca juga: Maxxwire Bikin Performa Mesin Bertenaga, Hemat BBM, dan Rendah Emisi

Seperti diketahui arus listrik pada kendaraan berperan sangat penting untuk mengoptimalkan pembakaran yang sempurna sehingga torsi lebih bertenaga.

Baca juga :  Kustomfest 2019, Desainer Australia Kolaborasi dengan Dinggo Company

Tak hanya itu, perubahan pada kendaraan, seperti peningkatan tenaga dan pengurangan emisi langsung terasa hanya dalam beberapa detik setelah pengaplikasian Maxxwire.

“Hasilnya (perubahan) hanya hitungan detik, setelah dipasang langsung terasa hasilnya,” tutup Giman. [po/ajr]