ITALIA – Pembalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales keluar sebagai juara di MotoGP Emilia Romagna yang berlangsung di Sirkuit Marco Simoncelli, Minggu (20/9/2020) malam WIB. Hasil ini menjadi capaian terbaik Vinales, setelah sebelumnya hanya dua kali podium kedua.

Dengan hasil ini, persaingan para pembalap untuk merebut juara dunia MotoGP 2020, sangat terbuka. Siapa saja bisa menjadi juara, menyusul absennya juara dunia bertahan MotoGP Marc Marquez yang masih dalam kondisi cidera.

Baca juga :  Putaran Final WorldSSP 300, Dua Pebalap YRI Siap All Out

Dengan tambahan 25 poin, Vinales pun merangkak menuju puncak klasemen sementara MotoGP. Poinnya kini menjadi 83 sama dengan perolehan Fabio Quartararo. Sementara, Dovizioso yang melemah di Emilia Romagna masih memuncaki klasemen dengan tautan hanya satu poin, yakni 84.

MotoGP 2020 masih berjalan dengan penuh kejutan. Setiap serinya, para pembalap bergantian menjadi juaranya. Dalam tujuh seri yang sudah digelar, enam pembalap telh merasakan podium utama dengan Quartararo sebanyak 2 kali podium.

Baca juga :  Dorna Pastikan 2 MotoGP Asia Gagal Digelar

Di MotoGP Emilia Romagna yang digelar ditempat yang sama denga MotoGP San Marino, pembalap tuan rumah Valentino Rossi yang diprediksi bisa berprestasi akhirnya gagal menuai poin. The Doctor terjatuh hingga gagal melanjutkan balapan.

Di seri sebelumnya, MotoGP San Marino, pembalap Yamaha 41 tahun ini juga gagal merebut podium dan harus puas berada di posisi keempat.

Baca juga :  Persaingan Seru di Kejurnas Sprint Rally 2019 Sirkuit Meikarta

Balapan di negeri Pizza ini malah dikuasai oleh para pembalap Spanyol. Tiga pembalap negeri Matador berhasil menguasai seluruh podium. Setelah Vinales, podium kedua direbut Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Pol Espargaro (KTM). [Po/Haz]