PRANCIS – Marc Marquez diprediksi bakal merengkuh juara dunia keenamnya di tahun 2019. Hal ini semakin menguat setelah dia menjadi juara di MotoGP Prancis 2019.

Pada seri kelima ini dia beraksi dengan fenomenal, meninggalkan saingannya hinga hampir dua detik.

Perlawanan Danillo Petruci, Jack Miller dan lain-lain hanya terjadi di lap lap awal. Hingga lap 11 pembalap Honda asal Spanyol ini ngacir menjauh. Marquez begitu perkasa di Sirkuit Le Mans, Minggu (18/5).

Sebelumnya drama balap sudah terjadi pada sesi pemanasan ketika dua pembalap jatuh nyaris bersamaan yakni Karel Abraham (Reale Avintia Racing) dan rookie Tim Suzuki Ecstar Joan Mir. Keduanya harus kembali ke pitstop.

Selanjunya Joan Mir dapat masuk kembali ke lintasan. Tetapi Abraham gagal mengikuti Mir karena terkena bendera hitam. Pasalnya dia keluar dari pitlane setelah pemimpin lomba sudah melewati garis pada Lap 1.

Yang cukup beruntung di Le Mans tentu saja Andrea Dovizioso. Pembalap Ducati ini secara meyakinkan mampu menembus posisi kedua setelah bersiang ketat dengan rekan satu timnya Petruci pada lap ke-25. Petruci pun harus puas dengan podium tiga.

Jack Miller yang selalu berusaha berada di tiga besar, harus puas finis di peringkat keempat. Melengkapi lima besar pembalap finish adalah pembalap Yamaha, Valentino Rossi.

Dengan kemenangan ini Marquez telah mencatatkan kemenangan ketiga dari lima seri yang sudah digelar di musim 2019 ini. Sebelumnya Marquez finish kedua di Qatar dan gagal finish di GP American.

Marquez juga mencatatkan diri sebagai juara tiga kali di Le Mans, menyamai rekor Valentino Rossi dengan rekor terbanyak adalah Jorge Lorenzo (5 kali). Bagi Honda, kemenangan ini menjadi kemenangan ke-300 mereka di kancah utama MotoGP.

Di pucak klasemen, Marquez kokoh dengan 95 poin. Di belakangnya menyusul Dovizioso dengan 87 poin lalu Alex Rins (Suzuki) dengan 75 poin serta Valentino Rossi di posisi empat dengan 72 poin. [PO/Haz]

Baca juga :  Marquez Tersungkur, Quartararo Menang di Seri Pembuka MotoGP Spanyol

Leave a Reply

Your email address will not be published.