suzuki Ecstar MotoGP Argentina 2019

VALENCIA – Joan Mir di luar dugaan tampil sebagai jagoan baru MotoGP 2020. Dia mengambil pimpinan klasemen sementara MotoGP dari Fabio Quartararo sejak tiga seri belakangan. Joan Mir melakukan hal ini tanpa sekali pun menjadi juara seri MotoGP.

Namun, pada Minggu (8/11/2020) Joan Mir yang membalap untuk Suzuki Ecstar akhirnya menorehkan kesempurnaan tersebut dengan menjadi juara MotoGP Eropa 2020.

MotoGP hanya menyisakan dua seri lagi. Melihat poin yang terkumpul serta konsistensinya, Joan Mir menjadi kandidat paling kuat menjadi juara dunia MotoGP 2020. Jarak poinnya dengan pembalap di bawahnya yakni Fabio Quartararo dan Alex Rins lumayan jauh, sekitar 37 poin.

JIka dalam dua seri, juara dunia Moto3 tahun 2018 ini selalu berada di podium, sudah dipastikan Joan Mir akan menjadi juara dunia baru.

Baca juga :  MotoGP Misano Bakal Digelar dengan Kehadiran Penonton

Kegembiraan Suzuki di MotoGP Eropa menjadi dobel. Pasalnya, podium dua juga dipersembahkan oleh pembalap Suzuki lainnya, yakni Alex Rins. Ini menjadi persembahan dobel podium keempat oleh Mir dan Rins

Kedua pembalap sempat bersaing keras dalam memperebutkan podium pertama. Namun, Joan Mir lebih perkasa dibanding seniornya ini. Pemegang pole position Pol Espargaro (KTM Racing) harus puas menempati podium ketiga.

Nasib sial menimpa Fabio Quartararo yang sejauh ini menjadi saingan terkuat Joan Mir dalam perebutan juara dunia. Pembalap Petronas Yamaha SRT ini sempat terjatuh. Meski mampu membalap, posisi Quartararo merosot ke belakang dan menempati juru kunci di posisi 14. Sementara Maverick Vinales finish setingkat di atas Quartararo

Baca juga :  Valentino Rossi akan Segera Pensiun di MotoGP Musim Depan

Valentino Rossi yang sempat nyaris tak bisa membalap karena terjangkit virus Corona dan akhirnya membalap, harus menyudahi balapan lebih cepat. The Doctor mengalami kerusakan mesin saat balapan baru berjalan empat lap.

Bukan hanya Rossi, sejumlah pembalap juga terjatuh. Antara lain, Pecco Bagnaia, Lorenzo Savadori, dan Cal Crutchlow. Begitu juga dengan jagoan Honda Alex Marquez. [Po/Hazs]

Hasil MotoGP Eropa 2020

  1. Joan Mir, Suzuki Ecstar 41m 37.297s
  2. Alex Rins, Suzuki Ecstar
  3. Pol Espargaro, Red Bull KTM Factory Racing
  4. Takaaki Nakagami, LCR Honda IDEMITSU
  5. Miguel Oliveira, Red Bull KTM Tech3
  6. Jack Miller, Pramac Ducati
  7. Brad Binder, Red Bull KTM Factory Racing
  8. Andrea Dovizioso, Mission Winnow Ducati
  9. Johann Zarco, Reale Avintia Ducati
  10. Danilo Petrucci, Mission Winnow Ducati
  11. Franco Morbidelli, Petronas Yamaha SRT
  12. Stefan Bradl, Repsol Honda
  13. Maverick Vinales, Monster Energy Yamaha
  14. Fabio Quartararo, Petronas Yamaha SRT
    DNF
    Lorenzo Savadori, Aprilia Racing Team Gresini
    Alex Marquez, Repsol Honda
    Tito Rabat, Reale Avintia Ducati
    Cal Crutchlow, LCR Honda CASTROL
    Francesco Bagnaia, Pramac Ducati
    Valentino Rossi, Monster Energy Yamaha
    Aleix Espargaro, Aprilia Racing Team Gresini.