JAKARTA – Rider Suzuki Ecstar, Joan Mir saat ini kokoh di klasemen sementara MotoGP 2020 usai memenangi race MotoGP Eropa yang berlangsung Minggu (8/11) kemarin di Sirkuit Valencia, Spanyol.

Tambahan poin sempurna itu membuat Mir mengoleksi 162 poin unggul 37 angka dari kompetitor terdekat Fabio Quartararo dan Alex Rins yang sama-sama mengantongi 125 poin.

Dengan balapan yang menyisakan dua seri tersisa, maka jelas posisi Joan Mir sangat diuntungkan. Para pesaing terdekat jelas berharap Mir mengalami masalah atau gagal finish di seri selanjutnya yang masih berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol tanggal 15 November nanti.

Baca juga :  Kecelakaan Fatal F2 Belgia, Anthoine Hubert Meregang Nyawa

Namun dengan performa Mir yang sangat menjanjikan di Valencia, sulit rasanya jika rider Suzuki tersebut akan menuai hasil buruk.

Di atas kertas, Joan Mir bisa saja langsung merayakan gelar juara dunia pertamanya pekan depan andai ia kembali naik podium.

Mir hanya butuh jarak 26 poin pada MotoGP Valencia nanti untuk mengunci gelar juara dunia. Minimal ia hanya perlu finish tiga besar sehingga apapun hasil di seri terakhir di Portimou sudah tak berpengaruh.

Berikut ini skenario yang dibutuhkan Joan Mir jika ingin mengunci gelar juara dunia MotoGP:

  1. Finish 3 besar

Skenario paling aman adalah jika Joan Mir finis di tiga besar. Paling buruk, jika dia finis ketiga pada MotoGP Valencia, total raihan poinnya 178 poin. Jumlah tersebut berjarak 28 poin meski nantinya Fabio Quartararo atau Alex Rins meraih podium utama. Sehingga, dua pebalap dengan poin terdekat dari Mir itu tak bisa mengejar lagi pada seri penutup meski meraih juara pada MotoGP Valencia.

  1. Finis ke-4
Baca juga :  Dua Kali di Salip Menjelang Finis, Marquez Optimis Dia Tetap Juara Dunia

Joan Mir tetap juara dunia MotoGP 2020 meski finis di urutan ke-4 dan mengoleksi 178 poin. Dengan catatan, Fabio Quartararo atau Alex Rins maksimal hanya mampu finis di posisi kedua.

  1. Finis ke-5

Joan Mir tetap juara dengan finish di posisi kelima sehingga ia akan mengumpulkan poin 173. Namun dengan catatan Fabio Quartararo dan Alex Rins tidak meraih podium utama.

  1. Finis ke-6
Baca juga :  Kejurnas Sprint Rally dan Speed Offroad Berlangsung di Jambi

Total koleksi Joan Mir jika finis ke-6 MotoGP Valencia yakni sebanyak 172 poin. Artinya, Fabio Quartararo dan Alex Rins maksimal finis di posisi ke-2.