JAKARTA – Banyak kendaraan terjebak banjir di tengah musim penghujan seperti ini. Banyak pula yang melakukan kesalahan dalam bertindak.

Nah, ini dia tips agar pengendara bisa mulus dalam melakukan klaim asuransi kendaraan bermotor. 

Ketika kendaraan sudah terjebak dalam banjir, yang utama dilakukan adalah tidak memaksakan menyalakan kendaraan bermotor tersebut.

Business Development Division Head PT. Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) Tanny Megah Lestari mengungkapkan, jika mencoba untuk menyalakan mesin mobil dapat mengakibatkan kondisi water hammer pada mesin yang akan memperparah kerusakan.

Baca juga :  Program Adirapoin, Banyak Untung Buat Sahabat Hadiah Ratusan Juta

“Apabila berada di genangan air yang rendah, sebisa mungkin tinggalkan kendaraan, kunci kendaraan, tunggu hingga air surut dan menelpon pihak asuransi atau derek untuk mengangkut mobil untuk diperbaiki,” ucap dia.

Selain itu, pengendara sebisa mungkin jangan menerobos banjir. Pasalnya, apabila sengaja menerobos banjir sehingga kendaraan menjadi rusak, maka kendaraan tersebut masuk dalam pengecualian yang tidak dijamin dalam polis asuransi.

Baca juga :  Adira Insurance Ajak Masyarakat Sadar Keselamatan Berkendara

Di tengah situasi alam yang tengah tak menentu seperti sekarang ini, Tanny mengingatkan pentingnya kendaraan diberi perlindungan asuransi. Pasalnya, risiko bisa datang kapan saja.

“Apalagi di tengah musim penghujan seperti saat ini, sehingga pengendara harus memiliki perlindungan asuransi,” ujarnya.

Untuk kebutuhan ini, Tanny mengatakan, Adira Insurance memiliki produk asuransi kendaraan bermotor yang bernama Autocillin.

Produk ini memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari kecelakaan di jalan raya, huru hara, kerusuhan, banjir, hingga perlindungan untuk pengemudi dan penumpang kendaraan tersebut. [Po/Haz]

Leave a Reply

Your email address will not be published.