SUKABUMI – Roller Barrier atau biasa lebih dikenal dengan Safety Rolling Barrier Guard Rails merupakan pembatas jalan yang dapat mencegah pengemudi dan penumpang dari kecelakaan fatal.

Dengan cara menyerap energi benturan kendaraan menjadi energi rotasi sehingga dapat mengarahkan kendaraan kembali ke jalan ataupun menghentikannya.

Saat ini di Indonesia penggunaanya sudah mulai di populerkan, seperti yang terdapat di jalan Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat dan wilayah Takengon di jalan lintas Atu Lintang, Aceh. di Cikidang teknologi pemasangan Roller Barrier sepanjang 60 meter oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat pengerjaanya telah rampung. ini merupakan teknologi pembatas jalan yang pertama kali hadir diwilayah Jawa Barat.

Baca juga :  Mitsubishi Resmikan Dealer Baru di Pontianak dengan Fasilitas Lengkap

”Pekerjaannya, sudah hampir selesai. Tinggal, finishing perataan tanah dan las baut supaya tidak hilang,” ungkap Supervisor Proyek PT Tosi Solution yang melakukan pemasangan roller barrier, Minggu (30/12/2018).

Ditambahkan teknik pemasangan roller barrier inipun tidaklah terlalu sulit, cukup hanya menancapkan tiang pancang ketanah dan menjepitkan bola – bola roller barrier di tiap-tiap tiang yang terpasang.

“Kita pancang dulu tiangnya. Setelah, itu baru pasang wrail dan bola-bolanya, hingga perataan tanah,” tambah Supervisor Proyek PT Tosi Solution.

Latar belakang pemasangan pengaman Roller Barrier di akses jalan Cikidang menuju Pelabuhaan Ratu ini merupakan ide dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, seperti diketahui jalan Cikidang memiliki jalur yang berkelok dengan sisi jurang yang cukup terjal.

Baca juga :  Gubernur Emil Tantang Marc Marquez di Gedung Sate-Bandung

Thendy Hendrayana selaku Kadishub Kabupaten Sukabumi juga mengungkapkan, pemasangan pembatas roller barrier asal Korea Selatan.

Ini merupakan hasil dari pembelian sepanjang 40 meter sedangkan sisanya 20 meter merupakan hibah dari pemerintah Korea Selatan.

“Sudah selesai, itu 40 meter hasil pembelian dan 20 meter hibah dari Korea Selatan, diharapkan dengan pembangunan pembatas jalan canggih ini masyarakat diminta ikut menjaganya.” ujar Thendy.

Baca juga :  GI-JOE Gelar Bakso Edukasi safety Riding, Lomba Mewarnai Helm Anak di Sukabumi

Sedangkan untuk Provinsi Aceh uji coba pemasangan pembatas jalan roller barrier telah lebih dulu dilakukan sejak 2015.

Terbukti setelah secara resmi pemasangan rolling barrier di Aceh tahun 2017, angka penurunan kecelakaan dan korban dilokasi pemasangan dapat turun hingga 30 – 40 %. [Po/Ajr]

Leave a Reply

Your email address will not be published.