JAKARTA – Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi tampaknya hingga saat ini masih memiliki optimis yang cukup tinggi, ini setidaknya bila melihat Yamaha M1 miliknya yang masih kompetitif saat tes di Misano.

Sebelumnya Rossi sempat mengungkapkan, setelah tes Misano kini ia lebih optimis untuk MotoGP yang akan dilangsungkan di negaranya, di Sirkuit Misano Marco Simoncelli yang hanya berjarak 14 Km dari kota asal Rossi. Balap MotoGP Misano sendiri akan berlangsung 13-15 September pekan depan.

“Di atas kertas, Misano bukan trek yang bagus buat kami. Menjadi kompetitif di sini adalah hasil yang positif karena kami perlahan-lahan meningkatkan performa motor kami,” ujar Valentino Rossi seperti dikutip dari Corse Kamis (5/9) pekan lalu.

Lebih lanjut Rossi mengungkapkan,“ Sebelum tes, saya cukup pesimis mengenai Misano karena kami mengalami banyak masalah sepanjang pekan balapan. Sekarang, kami berhasil berada di depan, jadi saya lebih optimis kami akan menjalani balapan yang bagus.”

Baca juga :  Raih Hasil Cukup Baik di Tes Misano, Valentino Rossi Semakin Optimis

Selain itu Massimo Meregalli selaku Manajer Tim juga mengetahui keputusan Rossi akan tetap melanjutkan balapan atau tidak pada tahun 2020 tergantung pada Yamaha M1, apakah masih tetap kompetitif atau tidak.

Massimo Meregalli mengatakan,” Menurut saya, kami dapat menargetkan podium dan bahkan podium tertinggi. Dalam tes, kami juga bersaing dengan pembalap Petronas, yang tidak memiliki apa-apa untuk diuji, Lebih dari menganalisis data, itu adalah umpan balik positif dari driver yang membuat kami optimis,”

“Mereka menyukai segala sesuatu yang telah dicoba lagi. Ini memungkinkan kita untuk merencanakan masa depan dengan lebih baik. Kami menantikan ujian dan lulus ujian,” tambah Meregalli dalam sebuah wawancara dengan Sky Sport.

Baca juga :  Dua Rider AHRT Bergantian Menang di Kelas AP250 ARRC Sepang

Saat ini Rossi dan Viñales telah melakukan pengetesan di Misano untuk kedua kalinya dengan prototipe M1 untuk 2020.

“Kami bekerja pada langkah kedua mesin setelah kami menguji versi pertama di Brno. Sebagai perbandingan, versi kedua memiliki kekuatan yang lebih besar dan juga lebih mobile. Dalam tes Valencia kita akan memiliki tahap ketiga,” lebih lanjut Massimo mengungkapkan.

Menurut informasi yang diberikan oleh Massimo, bila memungkinkan, Yamaha M1 untuk musim MotoGP 2020 akan ditampilkan pertama kalinya di Sepang 7 hingga 9 Februari 2020 mendatang.

“Tapi kami percaya bahwa kami sudah menguji 70 persen dari motor baru di Valencia, yang akan diputuskan setelah tes Sepang,” tambah Meregalli, yang juga memikirkan apakah Yamaha akan pula memberikan tampilan baru.

Baca juga :  Spesial, Rossi & Vinales Jumpa Penggemar di Indonesia

Apakah ini memungkinkan Yamaha akan tetap memperpanjang kontrak kerjasama Rossi yang telah memasuki usia 40 tahun, untuk musim depan bila M1 masih sangat kompetitif? “Saya harap begitu. Tidak dapat disangkal bahwa aspek ini akan memainkan peran sangat penting dalam keputusan nanti,” tutup manajer tim Yamaha tersebut. [Po/Ajr]

Leave a Reply

Your email address will not be published.