JAKARTA – Isuzu Indonesia mengawali tahun 2019 dengan meluncurkan New Isuzu GIGA Tractor Head. Truk ini diproyeksikan menjadi jawaban para pebisnis di era saat ini.

“Isuzu terus mengembangkan product yang fit dengan customer dan juga fit dengan peraturan pemerintah, sehingga customer kami tidak perlu kahwatir lagi dalam memakai unit Isuzu,” ujar Bapak Ernando Demily selaku President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Menurut aturan pemerintahan sebuah kendaraan medium truck 2 axle memiliki maksimal GVW seberat 16 ton dan medium truck 3 axle maksimal GVW 26 ton, akan tetapi pada faktanya penggunaan truck dapat seberat 22 ton bahkan sampai 46 ton untuk truck 6×2.

Baca juga :  All New Corolla Cross Meluncur, Line Up Hybrid Toyota Makin Lengkap

Akibat overload tersebut maka sejak Agustus 2018 pemerintah lewat Kementerian Perhubungan telah melakukan tindakan tegas untuk truk overload.

Overload tidak hanya menyebabkan jalanan rusak, akan tetapi dapat menyebabkan kemacetan dikarenakan truck berjalan lebih lambat, dan yang pastinya keamanan supir dan pengendara lain dipertaruhkan. Bahkan menurut Presiden Joko Widodo, kerugian ekonomi akibat kemacetan di Jabodetabek mencapai 65 triliun rupiah.

Baca juga :  Isuzu Indonesia Menilai GIIAS 2020 Bukan Prioritas

Dengan fakta tersebut, maka kemungkinan besar pebisnis yang mengandalkan transportasi darat akan beralih dari truk rigid menjadi tractor head.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, New Isuzu GIGA Tractor Head sudah dilengkapi fitur Full Air Brake, ABS, Seat Suspension. Untuk variant GXZ 60 K ABS (N) dengan feature Anti-Lock Brake System (ABS), merupakan variant baru Isuzu. Menggunakan mesin baru yaitu 6NX1-TCS dengan tenaga 345 PS dan torsi maksimum 135 Kgm.

Baca juga :  DFSK Perkenalkan Kendaraan Niaga Listrik di GIICOMVEC 2020, Berapa Harganya?

Dengan spesifikasi tersebut unit ini cocok untuk beroperasi di segment oil and gas dengan GCW 46.1 Ton dapat memuat 32.000 liter dan juga cocok untuk segment freight & forwarder dengan 40 feet container. [Po/Rst]

Leave a Reply

Your email address will not be published.