BOGOR – Adzan Isya telah lama berlalu begitu pula dengan shalat berjama’ahnya, namun remaja Masjid Nurul Huda di RW 05, Kampung Malaka 2, Kelurahan Rorotan Cilincing masih ramai di halaman masjid. Pukul 21.00, Jumat malam (16/11) tersebut, satu persatu motor parkir di masjid ini.

Kopiah, sorban hingga ridha atau imamah pun berganti. Anak remaja masjid yang sebelumnya berkoko rapi tersebut berubah penampilan. Kini mereka berkaos hitam dibalut jaket tebal sebagian mengenakan rompi. Seperti bikers yang hendak berkendara jauh.

Ya, malam itu puluhan remaja Masjid Nurul Huda yang tergabung dalam Irmanuda (Ikatan Remaja Masjid Nurul Huda) memang akan bermotor lumayan jauh dari biasanya. Sebuah lokasi turing ternama, yakni Gunung Salak Endah, Cibatok bakal mereka jelajah malam ini.

Baca juga :  Anniversary Yaris Bekasi-Cikarang Bahagiakan Anak Yatim di Ancol

Pukul 22.00, sebanyak 20-an motor bergerak meninggalkan Jakarta Utara, membelah aspal Ibukota menuju Bogor, dan berlabuh di kawasan wisata Salak Endah, Pamijahan, Cibatok yang masih menyatu dengan arena wisata perkemahan Gunung Bunder. Setelah sekali beristirahat di sekitar Cibinong, bikers masjid ini merapat di Villa November.

Empat jam bermotor, udara Jakarta yang panas kini berganti dengan dinginnya udara dataran tinggi di lereng Gunung Salak. “Alhamdulillah perjalanan lancar, anak-anak masjid ini bisa menerapkan safety riding dengan berkendara sopan dan aman di jalan,” ujar Ustad Samsul Fajri, Mpd. yang didapuk sebagai Ketua Irmanuda Bikers.

Kata Samsul, touring ini menjadi touring perdana Irmanuda sekaligus sebagai touring peresmian terbentuknya komunitas bikers dari lingkungan masjid ini. “Sabtu, 17 Nov 2018 bertempat di Villa November, Cibatok, Irmanuda diresmikan berdirinya, sebagai wadah silaturahmi dan menyalurkan hobi bermotor serta touring di lingkungan Masjid Nurul Huda,” jelas Samsul yang juga berprofesi sebagai guru ini.

Baca juga :  PCX Club JADETA Chapter, Bubar Demi Target Lebih Besar

Persatuan Irmanuda juga tengah tinggi-tinggi saat ini. Anak-anak muda ini mengambil peran strategis sebagai pelaksana penggalangan dana untuk pembangunan masjid yang sedang berlangsung. Acara ini bisa meningkatkan kekompakan para remaja yang umumnya pelajar dan pekerja ini dalam mengumpulkan dana tersebut. 

Irmanuda berfoto bersama para pembinanya

“Di kaki Gunung Salak ini kami mencoba bersatu dengan alam sekaligus meningkatkan tadabur alam. Remaja masjid tidak hanya bisa bergelut di bidang keagamaan saja tapi bisa terlibat di dunia luar, menambah wawasan dalam hal ini bermotor dan lalu lalu lintas,” jelas Samsul.

Baca juga :  TAC Chapter BorDep Kini Genap Berusia 4 Tahun

Minggu (18/11) siang, rombongan Irmanuda kembali ke Jakarta. Tiga hari bersatu dengan alam yang sejuk dan indah menambah iman dan kesegaran buat mereka. “Semoga kegiatan touring ini bisa menyegarkan kami. Dan kembali ke Jakarta dengan semangat baru,” ujar Achmad Maulana, salah satu anggota Irmanuda. Minggu sore bikers merapat dengan selamat di Cilincing. [PO/Haz]

Leave a Reply

Your email address will not be published.