JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja memperkenalkan All New Honda Accord yang sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Honda Sensing. All New Accord juga menjadi model pertama Honda di Indonesia yang mengusung Honda Sensing.

Apakah kedepannya, Honda akan memasangkan teknologi Honda Sensing ini kepada semua model Honda? Pertanyaan ini dijawab langsung oleh Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Menurutnya hal itu sangat memungkinkan, namun efeknya akan ada kenaikan harga yang cukup tinggi untuk semua model Honda.

“Pada dasarnya untuk masalah fitur keselamatan kita mau secepatnya diimplemetasikan kepada konsumen, tapi kan ada dampak harga yang cukup tinggi,” kata Jonfis.

Baca juga :  Terendus, Honda City Hatchback Siap Mengaspal di Indonesia

Membedah Fitur Keselamatan Honda Sensing

Sementara itu, Jonfis menambahkan kenapa Honda Sensing dipasang di Accord karena segmen sedan premium ini masih sesuai dan harganya pun dari sisi kenaikan tidak terlalu besar.

“Di Accord ini kita kenalkan (Honda Sensing) karena secara total harganya nggak berubah drastis karena dengan mesin turbo segala macam ditambah fitur sensing, konsumen di segmen ini masih bisa menikmati.”

“Kalau ditanya mau dikenalin ke semua model ya kita pasti mau. Kan dulu Honda juga yang pertama kali memperkenalkan airbag, pretensioner segala macam. Kita itu lebih dulu dibanding brand lain,” beber Jonfis.

Beberapa fitur yang masuk dalam bagian Honda Sensing salah satunya adalah Collision Mitigation Break System (CMBS) yang memungkinkan All New Accord melakukan pengereman darurat secara otomatis jika ada objek di depan.

Baca juga :  Apa Istimewanya BMW X7 Seharga Rp 2,3 M?

Kemudian Road Departure Mitigation System (RDM). Fitur ini bekerja dengan cara mendeteksi marka jalan. Jika kendaraan keluar dari lajur maka stir akan bergetar sebagai peringatan. Dan jika pengemudi tidak melakukan koreksi, stir akan bergerak secara otomatis untuk kembali ke jalur yang seharusnya. Fitur RDM ini akan aktif saat mobil melaju dalam kecepatan 72 km/jam ke atas.

Kemudian ada Adaptive Cruise Control (ACC) yang memungkinkan pengemudi dapat mengatur kecepatan dan jarak aman dengan kendaraan di depan. Setelah fitur diaktifkan, mobil akan berjalan otomatis tanpa menginjak gas namun tetap menjaga jarak aman.

Baca juga :  Mengusung Tema "Live Matsuri" Datsun Hadir di Yogyakarta

All New Honda Accord juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti Smart Entry, Remote Engine Start, One Push Ignition System, Walk Away Auto Lock, Electric Parking Brake, Auto Foldable Side Door Mirror, Rain Sensing Windshield Wiper dan masih banyak lagi. All New Honda Accord dijual dengan harga Rp 698 Juta, harga on the road wilayah Jabodetabek. [po/rst]

Leave a Reply

Your email address will not be published.