JAKARTA – Pada lanjutan MotoGP 2021 Grand Prix Styria yang berlangsung Minggu 8 Agustus 2021 kemarin, rider Suzuki Ecstar Joan Mir sukses meraih podium kedua di belakang rider Pramac Ducati, Jorge Martin.

Menariknya di MotoGP Styria kali ini, untuk pertama kalinya Joan Mir dan Alex Rins menggunakan perangkat pengatur ketinggian berkendara baru yang dikembangkan oleh Suzuki. Hasilnya pun cukup signifikan.

Balapan MotoGP Styria diwarnai red flag karena insiden kecelakaan yang melibatkan Dani Pedrosa dan Savadori saat balapan baru berjalan 3 lap.

Selang berapa lama, balapan kembali diulang. Pembalap Suzuki memulai dengan baik hingga pada lap pertama Mir berhasil mengambil posisi ketiga dan Rins posisi kedelapan. Saat Mir naik ke urutan kedua, dia membuktikan kecepatannya dan mulai mengejar kemenangan dengan beberapa lap tercepat dalam balapan.

Baca juga :  Andi Gilang Resmi Gantikan Dimas Ekky di GP Moto2 2020

Sementara itu, meski start-nya terbilang kuat Rins harus mundur beberapa posisi. Dengan kerja keras dan perjuangannya melalui masalah pada rem, akhirnya Rins berhasil finis di posisi ketujuh.

“Ini adalah balapan yang sulit, tidak mudah mengikuti Jorge dan menjelang akhir balapan saya membuat kesalahan ketika mencoba mengejarnya dan saya melebar. Jorge tampil impresif hari ini dan konsisten dengan catatan waktunya, jadi saya ucapkan selamat,” kata Mir.

Hasil balapan kemarin membuat Joan Mir sementara ini naik ke peringkat ketiga klasemen sementara MotoGP dan masih menjaga asa dalam perburuan gelar juara dunia tahun ini.

Baca juga :  Kejurnas Sprint Rally dan Speed Offroad Berlangsung di Jambi

“Saya puas dan sangat bangga dengan tim yang telah melakukan pekerjaan hebat selama musim panas. Saya senang pengatur ketinggian berkendara baru ini berfungsi, sehingga kami memiliki lebih banyak akselerasi dan ini menempatkan kami pada level yang lebih tinggi,” lanjut Mir.

Sementara itu, Project Leader and Team Director, Shinichi Sahara mengatakan pihaknya sangat menantikan MotoGP Styria untuk menguji perangkat baru yang dikembangkan oeh Suzuki tersebut.

“Meskipun sistem baru, tapi sudah bekerja dengan baik dan membantu pengendara kami berakselerasi hingga Joan mencapai podium.
Semuanya berkat tim teknisi di Jepang yang telah melakukan pekerjaan luar biasa.”

Baca juga :  Populerkan Olahraga Slalom, CNN Motorsport Bikin Kegiatan Bertajuk "Gasssbuburit 2019"

“Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada Joan yang sangat dekat dengan kemenangan hari ini. Alex memiliki waktu putaran yang sangat konsisten hari ini dan saya yakin minggu depan dia bisa finis di urutan lebih tinggi. Secara keseluruhan, kami merasa sangat puas,” beber Sahara. [po/rst]