JAKARTA – Kawasaki KLX 230 menjadi model motor yang diproduksi di Indonesia. Tak hanya untuk pasar dalam negeri, motor dual purpose dengan kapasitas mesin 233 cc ini juga dipasarkan di Amerika Serikat, Jepang hingga Eropa.

Michael C Tanadhi, Head & Sales Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengatakan ekspor sudah dimulai. Bahkan shipping perdana sudah dilakukan sejak Juni 2019.

Namun ternyata ada perbedaan antara model yang dijual untuk pasar lokal dengan model yang di pasar di Amerika Serikat.

Baca juga :  Lawan Ninja 250 Dan Yamaha R25, Motor Sport 250cc Dijual Rp37 Jutaan

“Bedanya nggak banyak, hanya saja untuk yang di Amerika pakai versi ABS. Dikirim secara CBU, karena base produksinya di Indonesia,” ujar Michael.

Jadi perbedaan antara model lokal dengan model ekspor hanya di rem ABS saja.

“Secara keseluruhan Spesifikasinya tidak ada yang berubah secara signifikan hanya ABS saja. Motor ini sudah disiapkan untuk euro 4, sudah apply. Tapi Amerika itu belum Euro 4, mereka agak koboy. Kalau Jepang sudah euro 4,” lanjut Michael.

Baca juga :  Test Ride: Kawasaki KLX 230, Asik Buat Onroad dan Offroad

Kawasaki KLX 230 merupakan motor yang mengusung konsep dirt bike dual purpose dengan profil bertenaga, ringan, dan nyaman bermanuver. KLX 230 diperkuat dengan mesin berkapasitas 233 cc satu silinder SOHC berpendingin udara dengan transmisi enam percepatan.

Mesin ini menghasilkan tenaga 19 ps pada 7.600 rpm dan torsi 19,8 Nm pada 6.100 rpm. Untuk pasar Indonesia, KLX 230 dibanderol dengan harga Rp 42,5 juta. [po/rst]

Leave a Reply

Your email address will not be published.