SUKABUMI – Petualangan budaya para bikers yang dikemas dalam Ahooy Geboy Ciptagelar Adventure Ride 2019 yang berlangsung Sabtu (15/6) pekan lalu, telah sukses terlaksana, pihak panitia sendiri bahkan terkejut dengan antusiasme jumlah peserta serta donasi yang terkumpul.

Sejak pagi buta ratusan bikers dengan beragam jenis sepeda motor telah berkumpul di sebuah pelataran parkir gerai fast food di pinggiran Jakarta Selatan. Hari itu mereka ingin menuju sebuah kampung Kasepuhan Ciptagelar di kaki pegunungan Halimun-Salak, Jawa Barat.

Baca juga :  Ini Keseruan Darius dan Dona Jalajah Himalaya (Galeri Foto)

Ada yang datang dengan motor-motor trail. Ada pula yang mengendalikan skuter. Bahkan beberapa motor besar tampak di antara kerumunan.

Tak disangka jumlah bikers yang mencapai Ciptagelar pada tahun ini jumlahnya begitu banyak. Walau sulit dipastikan, namun panitia memperkirakan jumlahnya tak kurang dari 550 bikers. Tapi banyak juga yang berspekulasi jumlahnya mencapai 700-an bikers.

“Banyak bikers telah belajar dari tahun lalu. Sekarang mereka sudah mengurangi waktu berhenti di perjalanan. Saya menekankan agar mereka menghindari malam di tengah perjalanan. Selain kerap hujan, berjalan malam ke Ciptagelar beresiko tinggi,” ungkap Gareng.

Baca juga :  Berikut Detail Skuter Matic BMW C 400 X (Galeri Foto)

Selain melakukan perjalanan menuju Kasepuhan Ciptagelar para bikers juga memberikan donasi, diharapkan donasi yang diberikan bikers dapat bermanfaat bagi Kasepuhan.

“Total dana yang kita serahkan sekitar 20 juta rupiah yang terbagi dalam dua kebutuhan, yaitu untuk pengganti biaya dapur Imah Gede serta penggunaan listrik, dan donasi untuk pembiayaan operasional pemeliharaan hutan Gunung Halimun.” ujar Gareng.

Di sisi lain Gareng juga berharap perjalanan ke Kasepuhan Ciptagelar dapat menambah rasa cinta bikers terhadap kelestarian budaya nasional. [Po/Rls] 

Baca juga :  GI-JOE Gelar Bakso Edukasi safety Riding, Lomba Mewarnai Helm Anak di Sukabumi

Foto by Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.