BALI – Sebuah program yang bertujuan untuk memperomosikan destinasi touring wisata favorit di Bali baru saja dilakukan selama bulan Oktober 2020 dengan nama “Yamaha Melali Untuk Bali Bangkit”.

Program ini dilakukan dengan aktivitas touring ke sejumlah tempat wisata di Pulau Dewata. Melali untuk Bali menuju destinasi touring wisata di Bali ini dimulai 4 Oktober 2020.

Kegiatan ditandai dengan pelepasan peserta touring oleh Putu Astawa selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali.

Yamaha Riders Federation Indonesia provinsi Bali (YRFI Bali) sebagai induk organisasi dari klub motor Yamaha, berpartisipasi sebagai peserta touring ini.

Selama bulan Oktober 2020 tim touring ini telah mengunjungi total sebanyak delapan obyek wisata yang tersebar di enam Kabupaten di Bali. Obyek wisata ini dapat dijadikan rekomendasi untuk touring bermotor di Pulau Dewata.

Berikut 8 destinasi touring wisata favorit pilihan:

  1. Air Terjun Kanto Lampo

Tujuan wisata ini berupa air terjun yang terletak di kabupaten Gianyar. Perjalanan dari Denpasar relatif dekat hanya sekitar 25 Km atau 45 menit perjalanan.

Obyek wisata ini sudah menerapkan protokol kesehatan, jadi setiap pengunjung akan dicek suhu dan diwajibkan cuci tangan di sebelah loket. Kanto Lampo aman dikunjungi di saat  pandemi Covid-19.

Jarak menuju ke air terjun juga tidak terlalu jauh dan curam. Siapkan kamera dengan slow speed untuk menangkap momen air yang turun terjun ke sungainya.

  • Bukit Asah
Baca juga :  Motorbaik Adventure Tuntaskan Aksi Berbagi Sejauh 1.100 Km

Ini nih yang baru ngetren di anak motor, motocamp yaitu menggabungkan hobi berkendara dengan berkemah. Apabila Anda seorang yang menyukai petualangan di outdoor terutama pencari sunrise wajib mencoba obyek wisata ini.

Anda bisa membawa tenda camping untuk bermalam. Kemudian di pagi hari bisa menikmati matahari yang terbit dari sisi timur. Obyek wisata ini berada provinsi Bali bagian timur tepatnya di kabupaten Karangasem.

  • Kintamani

Kintamani merupakan daerah wisata yang terletak di dataran tinggi sehingga udaranya dingin. Ketika sampai di daerah ini kita bisa menikmati 3 pemandangan alam sekaligus, yaitu Gunung Batur, Danau Batur dan Black Lava.

Sesuai namanya Black Lava adalah bekas letusan lahar dari gunung api purba. Tempat ini juga jadi tujuan favorit bagi penyuka trabas. Selain lautan pasir berkontur ada juga medan batu kerikil dan batu besar berwarna hitam. Kuliner asli daerah kabupaten Bangli ini adalah ikan mujair Nyat Nyat.

  • Jembatan Tukad Bangkung

Jembatan Tukad Bangkung yang terletak di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung ini membentang dengan panjang 360 meter pilar tertingginya 71 meter, membuatnya  menjadi jembatan terpanjang di Bali. Perjalanan menuju tempat ini merupakan salah satu jalur touring favorit anak motor.

Jalannya tidak terlalu ramai apalagi memasuki daerah Petang, sepanjang jalan akan dimanjakan pemandangan berupa sawah, pepohonan yang rindang dan pegunungan. Namun perlu dilalui dengan hati-hati karena banyak tikungan tajam. Pastikan juga peralatan riding sudah sesuai standar safety riding.

  • Bunut Bolong
Baca juga :  Gairah CustoMAXI Modifikasi Hadir Menyapa Surabaya

Obyek wisata Bunut Bolong berada di Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana. Perjalanan dari Denpasar sekitar 2 jam. Bunut berarti pohon berakar dan bolong berarti berlubang. Bila diartikan Bunut Bolong adalah pohon besar yang terdapat lubang di tengahnya.

Lubang di pohon ini ukurannya besar karena bisa dilewati oleh mobil. Itulah keunikan dari obyek wisata ini. Kini fasilitasnya sudah memadai dengan adanya  restoran, tempat parkir dan toilet.

  • Budha Tidur

Meskipun mayoritas warga Bali memeluk agama Hindu namun ada satu tempat ibadah Budha yang menarik untuk dikunjungi. Tempat itu terletak di Vihara Dharma Giri, ya tempat ini memang bagian dari tempat ibadah umat Budha. Sehingga untuk memasuki tempat ini pengunjung wajib menjaga kesopanan.

Patung Budha Tidur berukuran raksasa ini terletak di anjungan kayu yang berada di bawah area persembahyangan. Posisinya sedang tidur dengan kepala yang disangga dengan salah satu tangannya. Touring ke tempat ini dari Denpasar sekitar 2,5 jam sehingga kita bisa puas menikmati perjalanan.

  • Tegalalang

Obyek wisata Tegalalang berupa hamparan sawah berundak dengan petak-petaknya yang tersusun rapi. Lokasinya berada di kabupaten Gianyar tepatnya di Dusun Ceking, Kecamatan Tegalalang. Obyek wisata ini menghadap ke timur, pemandangan terbaik akan bisa dinikmati ketika pagi hari.

Baca juga :  Riding Camp Cara ANPC Sambut Hut ke-74 Republik Indonesia

Pengunjung di sini bisa swa foto ala petani atau menikmati kopi sambil melihat hamparan hijau sawah. Letak persawahan Tegalalang tepat di samping jalan raya sehingga motor bisa diparkir dekat lokasi.

  • Danau Buyan

Danau Buyan ini juga merupakan salah satu tempat motocamp di Bali. Serunya kegiatan ini adalah kita touring bareng sekaligus berkemah dan menikmati secara langsung alam terbuka bareng sepeda motor kesayangan.

Danau Buyan memberikan pengalaman camping di pinggir danau. Daerah yang indah ini terletak di kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Saat camping pastikan membawa tenda dan jaket tebal karena daerah ini dingin dan sering hujan.

Demikianlah delapan tujuan wisata yang pada bulan Oktober menjadi tujuan touring wisata oleh YRFI provinsi Bali dalam rangkaian Touring Melali Untuk Bali Bangkit.

Selama program ini berlangsung peserta touring ini juga menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak dan membatasi jumah peserta.[Po/Amr]