AMERIKA – Masa depan transportasi semakin terus berkembang, produsen kendaraan terus berinovasi mengembangkan kendaraan yang akan sarat teknologi dan efisien dalam pengunaan bahan bakar (BBM).

Salah satunya dengan mengembangkan kendaraan bertenaga listrik (EV) ataupun Hybrid. Seperti dalam pameran otomotif Los Angeles Auto show 2018 yang berlangsung di LA Convention Center, Amerika Serikat, 30 November – 9 Desember.

Terlihat beberapa produsen mobil dunia menghadirkan teknologi kendaraan bertenaga Listrik dan hibrida terbarunya, berikut ini 5 diantaranya.

Toyota Corolla Hybrid

Toyota Corolla yang telah hadir selama 53 tahun kali ini akan hadir dalam varian hybrid pertamanya, sama seperti saudaranya Prius hibrid. Corolla Hybrid akan resmi meluncur pada 2019 sayangnya kehadiranya hanya ada dalam versi sedan Coroolla. Sedangkan varian hibrida hatchback tidak akan tersedia pada tahun 2019.

Baca juga :  IAM MBtech Banjarmasin, Tim Juri Sempat Sulit Menentukan Pemenang

Toyota Prius AWD-E

Selain itu di LAAS 2018 secara mengejutkan, Toyota Prius kali ini tampil dengan kendaraan berpengerak empat roda (4WD) atau biasa lebih dikenal AWD-e, memiliki kombinasi standar pembakaran konvensional dan baterai di bagian depan, namun pengerak belakangnya sekarang memiliki juga pengerak tenaga listrik.

BMW iNext Vision Concept

BMW INext Konsep Crossover masih hadir dalam varian konsep. Setidaknya BMW masih belum melakukan produksi INext hingga tahun 2021, memilik ukuran kurang lebih seperti BMW X5, BMW INext berpengerak listrik ini diklaim memiliki baterai berkapasitas 120KWH yang membuatnya mampu menghasilkan 800 Hp dan jarak tempuh hingga 700 Km.

Baca juga :  10 Builder Tanah Air Bakal Serbu Yokohama

Mitsubishi e-Evolution Concept

Mitsubishi E-Evolution konsep crossover bertenaga listrik yang sebelumnya telah hadir pada tahun 2017, tahun ini Mitsubishi kembali menghadirkan Crossover bertenaga listrik namun berpengerak 4WD dengan electric brake vectoring yang memungkinkan kendaraan dapat mengerem dan mempercepat roda secara individual yang membuatnya dapat semakin lincah bermanuver di kondisi medan yang sulit.

Kia Soul Electric Vehicle (EV)

Niro Crosrover EV generasi ketiga, salah satu kendaraan yang diklaim paling efisien di dunia ini mengunakan baterai 64kwh yang memiliki motor pada as roda depan dapat menempuh jarak hingga 484 km. Tidak seperti hibrida dengan transmisi variabel kontinyu (CVT), Niro dilengkapi dengan transmisi otomatis dual-clutch (DCT) yang responsif dan mulus, yang membuat Niro terasa fun-to-drive selain itu Niro menawarkan ruang interior yang diharapkan dari kendaraan hibrida. [Po/Ajr]

Leave a Reply

Your email address will not be published.