Indonesia Coffeeride

JAKARTA – Setelah sukses mengelar riding, jelajah jejak kuliner peranakan Tionghoa di sepanjang pantai Utara Jawa, di tahun 2016, Kini Andra dan Deny kembali melakukan touring dengan mengeksplor kekayaan kopi Nusantara.

Mengusung tema,Indonesia Culinaride ini merupakan perjalanan menggali kekayaan butiran hitam Indonesia yaitu Kopi yang merupakan salah satu kekayaan khas Nusantara dimana namanya telah mendunia.

Perjalan ini dimulai sejak 10 Januari 2020 dari Jakarta hingga 29 Januari 2020 mendatang di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Memulai perjalan dari Jakarta, Indonesia Culinaride, Andra dan Deny akan menuju Bandung dan Garut. Mereka mengendarai dua sepeda motor BMW G310 GS Adventure dengan dukungan sepenuhnya dari Maxindo Moto, APM BMW Motorrad di Indonesia.

Di Jawa Barat, Indonesia Coffeeride akan mengeksplor kopi Java Preanger, kopi Manglayang dan kopi Malabar yang telah terkenal di masyarakat.

Baca juga :  CEO NCIG Beberkan Fakta Konsumen Rokok Elektrik Didominasi Kalangan Otomotif

Selanjutnya mereka akan menuju Petung kriyono, Pekalongan di mana terdapat pohon kopi sebesar pelukan tangan orang dewasa. Petung kriyono mempunyai keunikan kopi tersendiri karena di sana kopi tidak dibudidayakan seperti kebun kopi.

Para petani kopi di sana hanya memetik kopi yang tumbuh liar di hutan lindung. Salah satu penggiat kopi yang juga peduli akan lingkungan pak Tasuri, beliau mengajak petani kopi di Petung kriyono untuk tidak membuka lahan baru yang mengurangi lahan hutan lindung.

Pak Tasuri mengajak petani kopi untuk menanam kopi di sela-sela pohon besar di area hutan lindung sekaligus menjaga kelestarian hutan lindung dan satwa di dalamnya.

Baca juga :  Menginap di Grand Hyatt Siap Dapatkan The All New BMW 730Li M Sport

setelah menjelajah Jawa Barat, perjalanan dilanjutkan menuju Ambarawa di mana terdapat kopi Banaran. Tim juga akan singgah di kota Yogyakarta dan Kulon Progo untuk sejenak meninjau bandara Yogyakarta yang baru, Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dan juga meliput desa binaan Angkasa Pura I di Kulon Progo.

Bondowoso dan Banyuwangi adalah dua kota tujuan berikutnya di Jawa Timur. Kopi Bondowoso menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Usai Jawa Timur, Indonesia Coffeeride akan menyeberang menuju pulau Dewata di mana terdapat kopi Kintamani yang terkenal dengan kopi Luwak dan kopi yang kental dengan aroma buah.

Tim selanjutnya berkendara menuju Lombok sebagai akhir perjalanan, untuk melihat lebih dekat kopi Sajan di Sembalun dan kopi Rau di Lombok Timur.

Baca juga :  BMW Indonesia Luncurkan All New BMW X4 dan BMW Seri 3 Limited Edition

Bajawa adalah tujuan terakhir dari tim Indonesia Coffeeride. Seperti diketahui Kopi Bajawa sudah terkenal hingga ke manca negara sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Mengakhiri perjalanan di Labuan Bajo, tim kembali ke Jakarta dengan perjalanan udara dan dua sepeda motor BMW G310 GS dikirim ke ibu kota dengan menggunakan jasa Angkasa Pura Logistic dari bandara Komodo, Labuan Bajo. [Po/Byn]

Leave a Reply

Your email address will not be published.