PRANCIS – Hujan yang menguyur lintasan sirkuit Le Mans Bugutti tempat berlangsungnya MotoGP Prancis 2020, Minggu (11/10), membuat sejumlah pembalap unggulan gagal menorehkan prestasi terbaiknya.

Kesialan antara lain menimpa Valentino Rossi. The Doctor hanya mampu membalap sebanyak dua lap. Dia terjatuh, walau sempat bangkit namun Rossi masuk pit stop dan tak kembali lagi ke lintasan. Ini menjadi catatan crash yang keempat kalinya Rossi di MotoGp 2020.

Begitu pula dengan pembalap tuan rumah Fabio Quartararo yang mengaku bannya kehilangan grip di pertengahan balap. Dia terpaksa menghemat ban hingga gagal memamerkan kecepatannya sebagai pemilik pole position di Prancis GP 2020.

Baca juga :  Dubai Autodrome, Sirkuit Balap untuk Publik

Nasib sial juga menimpa Andrea Dovizioso. Karena ban yang sudah aus, dia harus menerima disalip Alex Marquez serta Pol Espargaro. Akibat dua salipan tersebut, Dovi gagal mempertahankan posisi kedua dan harus menerima hanya finish keempat,

Nasib buruk lainnya dialami oleh pembalap Suzuki, Alex Rins. Menjelang akhir balapan, dia menempel Danilo Petrucci yang dominan di depan sejak awal balapan. Namun sayang, ketika mengejar itu, dia tergelincir dan jatuh.

Baca juga :  Gerry Salim Tampil di Moto3 Italia Mengantikan Ai Ogura

Sebaliknya, pembalap Repsol Honda Team Alex Marquez bermain indah dalam trek basah ini. Dia memulai balapan dari posisi 17, perlahan namun pasti Alex bisa menyusul barisan depan pada pertengahan balap. 

Dan menjelang finish adik Marc Marquez ini sanggup mengejar Petrucci untuk merebut podium pertama. Namun waktu telah habis, Alex pun cukup puas menempati posisi podium kedua. Podium ini menjadi persebahan pertama bagi Honda dari empat pembalapnya di MotoGP 2020. [Po/Haz]