JAKARTA Gelaran otomotif IIMS 2022 disambut PT Astra Honda Motor (AHM) dengan memberikan penyegaran pada jajaran big bike-nya, yakni Honda Rebel dan CB650R. Kedua big bike ini hadir mejeng di booth Honda di Hal C2 JIEXPO Kemayoran, Jakarta tempat pameran IIMS 2022.

Dalam keterangan resminya pada Kamis (31/3), AHM menjelaskan, tampilan warna baru dengan beragam fitur serta teknologi canggih disematkan pada jajaran big bike Honda. Hal ini semakin memperkuat kesan modern serta tampilan stylish yang mempu memberikan kebanggaan bagi para pecinta Big Bike Honda di Tanah Air.

Motor bergaya kustom, Rebel tampil semakin stylish melalui pilihan warna yang semakin beragam. Warna Graphite black, Matte Jeans Blue Metallic hadir melengkapi varian warna Matte Axis Gray Metallic pada model ini. Rebel tetap mengusung desain timeless dan beragam fitur canggih yang kini diperkaya dengan tampilan semakin stylish.

Sementara itu, CB650R menjadi andalan big bike sport Honda yang mengusung konsep Neo Sport Café. Hadir dengan kombinasi warna terbaru pada pilihan Candy Chromosphere Red dengan dominasi warna merah pada bodi dengan front fender berwarna hitam semakin memperkuat tampilan sensasi sporti pada model ini.

Marketing Director AHM Thomas Wijaya mengatakan, beragam pilihan terbaru big bike Honda ini dihadirkan untuk mewakili karakter dan gaya hidup premium sesuai ekspresi jati diri yang berkelas tinggi.

“Sejak kami menghadirkan big bike Honda pada tahun 2015 di Indonesia, antusiasme konsumen terhadap jajaran big bike Honda sangat baik. Kami ingin terus dapat mewujudkan impian akan motor besar yang membanggakan melalui pilihan yang semakin beragam terutama pada big bike Rebel dan CB650R. Kami berharap hal ini dapat memberikan kebanggaan yang mengekspresikan identitas dan gaya hidup pengendaranya,” ujar Thomas.

Baca juga :  Antisipasi Melonjaknya Omicron, Ini Jadwal Cadangan IIMS 2022

Rebel

Rebel memiliki desain ramping dengan gaya kontemporer yang tak lekang oleh waktu. Dikembangkan lebih dari sekedar moda transportasi, model ini menjadi refleksi dari sebuah gaya hidup, karakter, serta sarana bagi pengendara pecinta big bike  di Indonesia.

Berbekal mesin 471,03cc DOHC, liquid-cooled parallel twin cylinder. Model ini memiliki torsi maksimum 43,6Nm @ 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 33,5 kW @ 8.500rpm. Bore dan stroke dibuat pada 67mm x 66.8mm dengan rasio kompresi 10,7: 1.

Sementara itu bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm; penyetelan katup jenis shim untuk memperoleh bobot yang ringan, menurunkan beban per katup dan mengurangi gesekan.

Silent (SV Chain) cam chain memiliki pin yang permukaannya dilapisi dengan Vanadium, mengurangi gesekan dengan peningkatan perlindungan terhadap debu. Diameter katup inlet berukuran 26,0mm dengan diameter katup buang 21,5mm.

Gigi primer dan balancer menggunakan scissor gears, mengurangi noise. Poros Engkol penyeimbang secara khusus dibentuk untuk pasangan-keseimbangan yang ringan memungkinkan mesin berputar bebas dengan mengurangi inersia. Crankcases menggunakan centrifugally cast thin-walled sleeves. Desain internal mengurangi ‘pumping’ losses yang dapat terjadi dengan 180 ° waktu pengapian. Motor ini memiliki bak oli berkapasitas 2,5L. Gear box enam-kecepatannya dirancang mudah untuk dinaikkan dan diturunkan, terutama di perkotaan.

Saluran pembuangan 2-1 mereduksi gas buang di katalisator melalui ruang pertama ke ruang resonator kedua. Knalpot berdiameter 120mm ‘shotgun’ style, dan menghasilkan suara berat yang khas dengan penyaluran torsi yang pas.

Model ini dipasang pegangan mesin pada tiga area di rangka tubular dan dirancang sesempit mungkin di sekitar pengendara. Panjang trail 110mm dengan 28° rake; garpu offset 30° dikombinasikan dengan jarak sumbu roda 1.490mm, menghasilkan ketinggian 690mm jok rendah dan pijakan kaki tengah, untuk keseimbangan kemudi yang semakin mendukung tampilan low-rider.

Baca juga :  Ini Dia Varian Anyar New Honda CRF150L

Rangka termasuk loop belakang inovatif yang memisahkan jok dari spatbor logam bertekstur; aluminium cor subframe bolt-on memberikan ruang lingkup lebih lanjut untuk kustomisasi. Model ini dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp 191.960.000,-. Hadir menyapa konsumen di Tanah Air, model ini dipasarkan secara eksklusif di 11 Big Wing di seluruh Indonesia.

CB650R

Memiliki desain yang maskulin dengan beragam fitur canggih, CB650R mampu menghadirkan kesenangan sekaligus meningkatkan adrenalin pengendara secara bersamaan. Konsep Neo Sport Cafe sangat kuat ditampilkan melalui desain lampu depan LED bulat yang klasik dan penyematan full LED dan lensa bening pada lampu senja, lampu belakang, lampu sein sehingga menghasilkan sensasi pencahayaan yang modern.

Kekayaan fitur menjadi keunggulan CB650R. Penggunaan suspensi depan inverted telescopic Showa 41mm meningkatkan kenyamanan handling saat berkendara. Suspensi belakang dengan lengan ayun alumunium menghadirkan bentuk kurva dengan busur berada di atas knalpot di sisi kanan. Suspensi belakang yang memiliki pengaturan hingga 10 level disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Model ini memiliki fitur assist/slipper clutch membuat tuas kopling menjadi lebih ringan dari total keseluruhan dan mengurangai efek engine brake ketika melakukan penurunan gigi dengan cepat. Serta tampilan full digital panelmeter yang memberikan informasi lengkap termasuk Gear Position, Shift Up Indicator, putaran mesin, kecepatan, odometer, bahan bakar, meter perjalanan, rata-rata konsumsi bahan bakar, serta penunjuk waktu yang semakin memberikan kesan canggih. Fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) mampu menyesuaikan tenaga mesin untuk mengoptimalkan torsi di roda belakang dan mengurangi selip pada roda belakang semakin memberikan kenyamanan berkendara.

Baca juga :  BMW Segera Rilis R18 Concept dengan Flat Twin Engine Baru

Penyematan fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada CB650R menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak, dimana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Tak hanya memiliki desain yang memikat pecinta big bike, performa tinggi dan beragam fitur yang disematkan menjadi penyempurna CB650R. Memiliki kapasitas tangki BBM 15,4L , dan didukung mesin 4 silinder 650cc DOHC yang memiliki 6 perpindahan gigi, model ini menghasilkan power 66,5kW/11.000 rpm dilengkapi torsi kuat 60,7Nm/8.000 rpm. Model knalpot pada CB650R ini memiliki desain yang compact, sehingga menambah kesan maskulin sekaligus memberikan performa optimal pada putaran bawah-tengah dan menghasilkan suara yang berkelas.

Honda CB650R memiliki rangka diamond steel yang kokoh berbentuk elips yang dirancang untuk memberikan kesan compact dan pengendalian yang diinginkan pengendara. Profil jok pengendara yang pas membantu jangkauan kaki ke tanah, dengan ketinggian jok 810mm. 

Velg aluminium menggunakan ukuran ban depan 120/70-R17 dan ban belakang ukuran 180/55- R17. Model ini menggunakan kaliper rem depan berpiston empat dengan disk berukuran 310mm dan rem belakang piston tunggal dengan disk 240mm menghasilkan daya pengereman yang berlimpah dengan ABS 2-channel terpasang sebagai standar.

Hadir dengan dua pilihan warna Candy Chromosphere Red dan Matte Gunpowder Black Metallic, Honda CB650R dipasarkan dengan harga OTR DKI Jakarta Rp. 273.335.000. [PO/AH]