KUALA LUMPUR – Honda Malaysia menjadi negara pertama yang meluncurkan All New Honda City dengan varian RS e:HEV yang didukung mesin hybrid serta teknologi Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD).

Generasi ke-5 dari Honda City ini akan mulai dipasarkan secara resmi di Malaysia pada awal tahun 2021 mendatang.

Sistem hybrid Multi-Mode Drive (i-MMD) pada All New Honda City menghasilkan tenaga sebesar 108 PS dan torsi sebesar 253 Nm yang merupakan tertinggi di kelasnya. Dikombinasikan dengan Electric Continuous Variable Transmission (e-CVT), sistem penggerak pada model ini akan menghasilkan akselerasi yang bertenaga dan halus.

Mesin i-MMD dan sistem Intelligent Power Unit (IPU) dapat mengatur secara mulus tiga mode mengemudi, yaitu Drive EV, Drive Hybrid, dan Drive Engine untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan tenaga.

Tak hanya itu, varian RS e:HEV juga dilengkapi dengan Deceleration Selector Paddles yang memungkinkan pengemudi untuk menggunakan pedal untuk meregenerasi tenaga serta memperlambat kendaraan tanpa menginjak pedal rem.

Baca juga :  Ini yang Akan Terjadi Jika Fitur Honda Sensing Dipasang di Semua Model

All New City RS e:HEV juga menawarkan fitur keselamatan terdepan Honda SENSING yang dikembangkan untuk mewujudkan visi Honda untuk keselamatan berkendara.

Sistem keamanan Honda SENSING yang ada pada All New City Generasi 5 meliputi Adaptive Cruise Control (ACC), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW), Lane Keep Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Departure Warning (LDW), dan Auto High Beam (AHB).

Selain varian bermesin hybrid, All New Honda City juga tersedia dalam varian S, E dan V dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC baru, yang juga memberikan keseimbangan ideal antara performa dan efisiensi bahan bakar. Dipadukan dengan Continuous Variable Transmission (CVT), mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 121PS yang tertinggi di kelasnya serta torsi maksimal 145Nm.

Baca juga :  Taxi Bluebird Kini Gunakan Armada Bertenaga Listrik

Chief Officer Regional Operations (Asia & Oceania), Honda Motor Co., Ltd., President and Chief Executive Officer, Asian Honda Motor Co., Ltd., Masayuki Igarashi mengatakan bahwa All New City RS e:HEV merupakan produk yang mengawali visi Honda di masa depan.

“Kami telah memperkenalkan Honda e: TECHNOLOGY untuk memenuhi visi 2030 kami. Malaysia merupakan pasar penting, selama 5 tahun terakhir, hampir 40% model hybrid yang dijual di wilayah Asia & Oseania berasal dari Malaysia. Untuk lebih menawarkan produk elektrifikasi yang canggih, dengan bangga kami perkenalkan untuk pertama kalinya di kawasan Asia & Oceania, e:HEV dengan sistem hybrid 2 mesin yang sangat efisien yang didukung oleh Multi-Mode Drive (i-MMD),” ujar Igarashi.

Sementara itu, Managing Director dan Chief Executive Officer Honda Malaysia, Toichi Ishiyama menambahkan, pihaknya optimis dengan generasi anyar City ini. Hal ini dikarenakan model City cukup populer di Malaysia.

Baca juga :  Ferrari Monza SP2, Supercar Tercantik di Dunia

“Kami memperkenalkan Generasi ke-2 dan Generasi ke-3 masing-masing pada tahun 2002 dan 2008 dan keduanya diterima dengan baik di pasar. Popularitas Honda City berlanjut dengan City Generasi ke-4 yang diluncurkan pada tahun 2014 dan model tersebut membuktikan keberhasilan dengan fitur-fitur yang di atas kelasnya. Ini menjadi model terlaris di Honda Malaysia dan memimpin segmen B selama 5 tahun berturut-turut dengan lebih dari 209.000 unit terjual,” bebernya.

Lalu kapan City bermesin hybrid akan masuk pasar Indonesia? Kita tunggu saja. [po/rst]