MERAUKE – Menyambut HUT ke-76 RI 17 Agustus 2021, bikers Honda di Merauke melakukan kegiatan heroik dengan membenahi Tugu Pepera di Merauke, Papua.

Tugu bersejarah yang menjadi salah satu saksi perjalanan Papua hidup bersama dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia ini sudah terlihat kusam dan banyak sampah. Oleh bikers, tugu tersebut dibuat kembali kinclong, bersih dan menarik.

Pada acara yang berlangsung Minggu, 15 Agustus 2021, tiga komunitas bikers Honda brkumpul untuk melaksanakan kegiatan ini. Yakni, Verza rider COMMUNITY Indonesia Region Merauke (VRCI MERAUKE),Honda CRF Merauke (HCM) dan Honda Scoopy Merauke (HSM).

Baca juga :  Di Bawah Protokol Kesehatan, HPCI Tangerang Gelar HBH 2020

Bikers Honda melihat area tugu tersebut butuh sentuhan. Akhrnya bikers melakukan kegiatan pembersihan, pengecatan dan mengganti bendera merah putih dengan yang baru.

Kegiatan dengan tajuk acara, “Kerja Bakti di Monumen Bersejarah bareng Paguyuban Honda Motor Merauke” tersebut, tergolong sukses. Dari tugu yang penuh coretan dan sampah, dibersihkan dicat kembali hingga terlihat indah dipandang mata.

Dengan mengangkat tema, “Meningkatkan Solidaritas antar sesama klub Motor Honda Jelang Kemerdekaan RI ke 76 tahun,” Minggu pagi itu bikers sudah berkumpul sejak pagi di tugu yang beralamat di Jalan Raya Mandala.

Baca juga :  Ciayumajakuning Jadi Chapter Tosca Ke-15

Kondisi bangunan yang buruk menjadi latar belakang acara ini dibuat. Tugu Pepara kondisinya kusam dan penuh coretan. Dengan membersihkan tugu ini menjadi bentuk kepedulian bkers sebagai elemen masyarakat di Merauke terhadap warisan benda bersejarah terutama di Papua.

Di sisi lain, maksud dan tujuan acara ini juga untuk meningkatkan solidaritas antar sesama klub motor Honda di Merauke khususnya menjelang peringatan hari kemerdekaan RI ke-76. Sekaligus untuk mengingatkan bikers pada sejarah Indonesia di Papua.

Baca juga :  1 Dekade HBD 2018 Sejarah Brotherhood Bikers Honda Terulang di Pangandaran

“Mari kita bergotong royong untuk meningkatkan solidaritas dan melakukan hal positif untuk menjadi bikers yang baik. Dirgahayu Indonesia ku ke-76 tahun. Merdeka!,” tegas Ketua Panitia Acara.