JAKARTA – Para pembalap Honda Indonesia sangat bahagia menghadapi musim balap 2020. Mereka akan berlaga mulai dari OMR, Kejurnas, ajang Asia, Eropa hingga dunia.

Pengumuman formasi balap ini dilakukan di Jakarta pada Selasa (4/2), yang amat spesial tentu saja adalah Andi Gilang yang membalap semusim penuh di MotoGP kelas Moto2 bersama Honda Team Asia.

Di tim ini bergabung pula Gerry Salim yang bakal menjajal kelas berat yakni ASB1000.

Apa itu kelas ASB1000? ASB1000 atau Asia Superbike merupakan kelas terbaru di Asia Road Racing Champioship (ARRC) yang untuk pertamakalinya dihadirkan di musim 2019. Kehadirannta langsung menjadikan ASB1000 sebagai kelas tertinggi di ARRC.

Baca juga :  Bersama Xpander Rally Team Rifat Sungkar Tiba di Auckland

Penyelenggara ARRC menghadirkan kelas ini sebagai peningkatan kelas yang bertujuan agar pembalap Asia bisa makin maju ke level dunia, yaitu World Superbike (WSBK).

“Tanpa kelas 1000cc dalam seri Asia, pembalap yang bercita-cita untuk maju ke tingkat berikutnya tidak memiliki kesempatan untuk naik motor yang lebih besar,” terangnya.

Kelas ASB1000 mengadopsi peraturan yang sangat mirip dengan spesifikasi FIM Superstock 2018 namun sedikit disempurnakan supaya sesuai persyaratan di Asia dan Australia.

Baca juga :  Honda & Yamaha Tutup ARRC 2018 dengan Sumringah

Kelas ini dihuni sejumlah pembalap senior di Asia. Antara laian Ratthapong Wilairot pembalap Thailand yang pernah 4 tahun berlaga di Moto2. Ada pula Azlan Shah Kamaruzaman pembalap Malaysia yang menjadi juara Asia 2019 dengan BMW S1000RR.

Di tim Asia Honda Team Gerry bakal membalap bersama Zaqhwan Zaidi pembalap Malaysia. Zaqhwan adalah juara ARRC 2014 dan 2016 di kelas SS600.

Baca juga :  Keren ! Bikers Honda Bekasi Belajar Medsos & Jurnalistik

Musim 2019 dua pembalap Indonesia juga terjun di kelas ini yakni Ali Andriansyah Rusmiputro (Onexox TKKR SAG Team) dan Ahmad Yudhistira (Victor Racing Team). [Po/Haz]