JAKARTA – Setelah mengenyam tiga tahun tampil di ajang WorldSSP300, Galang Hendra Pratama akhirnya naik kelas. Musim balap 2020, Yamaha Indonesia bekerjasama dengan Yamaha Eropa mengajak Galang bertarung di World Supersport (WorldSSPP).

Dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (24/12) Yamaha Indonesia mengabarkan, Yamaha Motor Europe (YME) resmi mengumumkan formasi tim World Supersport (WorldSSPP) untuk musim balap 2020 di Kejuaraan Dunia FIM Supersport. 

Tim bLu cRu Yamaha akan menurunkan dua pembalap berpengalaman yang sebelumnya telah lebih dulu berlaga di WorldSSP300 yaitu Galang Hendra Pratama (20, Indonesia) dan Andy Verdoia (17, Perancis). World SSP merupakan kelas balap level kedua setelah WSBK di ajang ini.

Keduanya bakal bertarung di bawah bendera tim MS Racing yang telah menjadi bagian penting dari program bLU cRU Yamaha di WorldSSP300 sejak didirikan tahun 2017.

President Director & CEO, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg., Minoru Morimoto mengatakan, penunjukkan Galang Hendra ini menjadi pengumuman yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. 

Baca juga :  Galang Siap Tampil Maksimal di WorldSSP 600 Australia

Yamaha Indonesia menyatakan bangganya atas pengumuman ini, yang menyatakan bahwa pembalap muda berbakat Indonesia Galang Hendra Pratama dari Yamaha Indonesia akan memasuki level yang lebih tinggi, World Supersport 600 pada 2020. 

“Jadi, Galang akan bertarung di 13 seri balapan menggunakan YZF-R6 yang merupakan salah satu model Super Sports unggulan Yamaha di kelas tertinggi. Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada semua sponsor yang terus mendukung Galang,” ungkap Morimoto.

Masuknya Galang di level WorldSSP, tidak terlepas dari prestasi cemerlang yang selama ini ditunjukannya ketika masih membalap di WorldSSP300. 

Salah satu prestasi yang paling fenomenal adalah ketika berhasil merebut top podium saat turun sebagai Wild Card di putaran ke-9 WorldSSP300 seri Jerez, Spanyol, tahun 2017.

Catatan prestasi apik Galang terus berlanjut di tahun 2018 dengan keluar sebagai juara 1 pada seri Brno, Republik Ceko dan berhasil meraih posisi Runner-Up pada Tissot Superpole, Pirelli Best Lap serta menempati posisi ke-7 pada klasemen akhir WorldSSP300 musim balap 2019.

Baca juga :  Istirahat Balapan, Lihat Cara Pebalap Astra Honda Rawat Baju Balap

Meskipun ini merupakan debut pertamanya membalap di kompetisi dunia dengan motor berkapasitas 600cc, namun pembalap asal Yogyakarta tersebut sangat antusias menyambut tantangan baru dan siap berjuang lebih keras agar tampil semakin kompetitif.

“Saya sangat senang akhirnya mengumumkan bahwa tahun depan saya akan naik YZF-R6 di World Supersport 600 bersama dengan Andy Verdoia di Tim bLu cRu Yamaha MS Racing WorldSSP, Ini merupakan tantangan yang baru, motor yang baru dan tentunnya semangat yang baru. Terima kasih telah memberikan saya kesempatan ini, saya akan berusaha melakukan yang terbaik,” ujar Galang Hendra Pratama.

Dua pembalap muda bLU cRU Yamaha akan memulai transisi ke level yang lebih tinggi dengan mengikuti tes pramusim pertama mereka di Jerez, Spanyol, menggunakan motor YZF-R6. Tes pramusim tersebut di jadwalkan berlangsung pada 22 Januari mendatang.

“Saya sangat senang bahwa kami akhirnya dapat mengumumkan Tim Yamaha WorldSSP bLU cRU untuk musim 2020, sebagaimana tim ini akan melengkapi jenjang balap kami dari kompetisi tingkat nasional ke kelas utama WorldSBK,” kata Morimoto.

Baca juga :  Juara di MotoGP Malaysia 2019, Vinales Selamatkan Muka Yamaha

Awalnya, lanjut sang Presdir, pihaknya ingin menempatkan Galang Hendra Pratama dan Andy Verdoia di tim WorldSSP yang sudah ada. Namun dengan melihat prestasi di musim 2019 di mana mereka saling bahu membahu, akhirnya mereka disatukan dalam satu tim.

“Di WorldSSP300 tahun ini kedua rider bLU cRU tersebut dapat belajar satu sama lain dan mendapatkan kepercayaan diri dari berbagi pengalaman diantara mereka. Hal tersebut akan sulit untuk dilakukan oleh mereka jika kami memisahkan di musim 2020,” jelas Andrea Dosoli, Yamaha Motor Europe Road Racing Manager. [Po/Haz]

Leave a Reply

Your email address will not be published.