ITALIA – Maurizio Arrivabene, selaku tim principal Ferrari merasa keberatan bila Formula 1 (F1) memilih pabrikan ban selain Pirelli pada musim 2020.

Keberatan Murizio ini dilatarbelakangi oleh Liberty Media selaku pemilik F1 yang tengah menjajaki tawaran dari Pirelli dan Hankook Tire sebagai pemasok ban resmi untuk musim 2020 hingga 2023.

Kedua pabrikan ban tersebut sejauh ini telah memenuhi presyaratan teknis dari FIA, hingga keputusan final pemakaian ban di ajang F1 akan ditentukan berdasarkan aspek komersial.

Sejak terpilih menggantikan Bridgestone pada 2011, Pirelli kerap kali menjadi target kritikan dari sejumlah pengamat dan penggemar F1. Namun Murizio menilai pengalaman yang didapat pabrikan asal Italia tersebut tidak boleh dihiraukan begitu saja.

Baca juga :  OMR BMWCCI 2019 Berakhir, Ini Dia Para Jawaranya

“Tender ini sekarang berada di tangan Liberty, Kami sudah cukup lama bekerja sama dengan Pirelli, Kami melewati masa-masa positif dan momen-momen sulit. Tapi tahun demi tahun, mereka telah menciptakan sebuah produk yang berevolusi menjadi lebih baik.” ungkap Murizio.

Murizio juga menambahkan keputasaan dipilih atau tidak Pirelli untuk balap musim 2020 tetaplah bukan keputusannya dalam menentukan ban mana yang akan memenangi tender. “Jadi akan menjadi keputusan yang salah jika kita membuangnya begitu saja. Meski demikian, bukan kami yang mengambil keputusan.” tutup Murizio.

Baca juga :  Alex Rins Teken Kontrak Baru dengan Suzuki Hingga 2022

Melihat kondisi ini memaksa Pirelli untuk dapat menghasilkan ban dengan kualitas terbaik yang memiliki degradasi tinggi, di saat yang sama kontruksi ban haruslah cukup kuat agar pebalap bisa secara maksimal memacu kendaraanya tanpa harus perlu kuatir dengan kondisi ban yang buruk.

Hal inilah yang juga disadari direktur motorsport F1, Ross Brawn. Demi memperjelas tuntutan di masa depan, ia menekankan pentingnya kerja sama antara F1 dan pemasok ban.

Baca juga :  Sukses di F1 Petronas Coba Peruntungan di MotoGP 2019

“Pirelli memiliki tugas yang tidak mudah, Sulit untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat. Oleh sebab itu kerja sama akan menjadi sangat penting karena ke depannya Formula 1 harus bisa menyuguhkan aksi trek yang disukai semua orang, termasuk pembalap dan penonton.” ujar Brawn. [Po/Ajr]

Leave a Reply

Your email address will not be published.