Sirkuit Sentul Bogor

JAKARTA – Federasi dunia untuk olahraga gokart, The Commission Internationale de Karting (CIK). Jumat (29/12) pekan kemarin, baru saja melakukan inspeksi kelayakan terhadap Sirkuit Internasional Karting Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Inspeksi ini dimaksudkan untuk melakukan riset dan pengembangan, akan rencana di tahun depan mengenai informasi bawah akan ada empat ajang gokart Internasional yang siap diselengarakan.

Salah satu lokasi dari ke empat ajang tersebut, dikonfirmasi bahwa Sirkuit International Karting Sentul akan menjadi lokasi dimana ajang balap Gokart tinggkat Internasional ini berlangsung.

Tahun depan di Sirkuit Internasional karting Sentul akan terdapat dua putaran Asia Rok Cup, satu putaran X30 Asia Cup, serta Asia Karting Open Championship (AKOC) (yang sebelumnya pernah diselenggarakan di Sentul sepuluh tahun silam).

Baca juga :  ISSOM Night Race Series, Honda Gelar Balap One Make Race Brio dan Jazz

CIK telah melakukan inspeksi guna meninjau kelayakan Sirkuit Internasional Karting Sentul untuk meraih predikat dan lisensi CIK-FIA. Beberapa faktor yang ditinjau oleh pihak CIK di antaranya faktor keamanan, kelengkapan fasilitas, serta tata kelola balapan.

Namun poin penting terdapat satu hal yang menjadi perhatian lebih dari CIK, yaitu faktor keselamatan karena ini adalah hal wajib yang dinilai oleh CIK dalam memberikan lisensi.

Direktur Sirkuit Internasional Karting Sentul, Kemas Haikal, mengungkapkan,“Selaku pengelola sirkuit gokart merasa sangat puas dengan feedback dari inspeksi CIK. Usaha yang telah lakukan selama ini mendapat sambutan positif dengan tujuan membawa Sirkuit Karting Sentul menjadi Sirkuit yang berstandar internasional sekaligus rumah bagi para pebalap nasional.”

Haikal menambahkan jika secara keseluruhan Sirkuit Karting Sentul dalam kondisi baik. Pihak CIK juga melihat bahwa Sirkuit Karting Sentul secara teknis sangat memungkinkan untuk dapat menyelenggarakan kejuaraan dunia.

Baca juga :  Kecelakaan Fatal F2 Belgia, Anthoine Hubert Meregang Nyawa

Sementara itu, Rifat Sungkar sebagai salah satu Ketua Komisi Roda Empat di Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan olahraga menyambut positif hasil inspeksi yang dilakukan CIK.

Rifat mengungkapkan, “Saya yang memulai karier balap ketika itu dari olahraga gokart, sangat bangga dengan renovasi yang dilakukan Sirkuit Gokart Sentul. Para pengelolanya saat ini memiliki visi dan misi yang sama dengan saya, yaitu ingin mengembangkan potensi pebalap Indonesia menuju dunia internasional melalui kejuaraan-kejuaraan internasional yang digelar.

“Untuk menunjang itu, dibutuhkan standarisasi dan Sirkuit Karting Sentul telah memenuhi syarat dan ketentuan yang diperlukan untuk menyelenggarakan kejuaraan internasional,” tambah Rifat.

Baca juga :  Kejurnas Gokart 2019 Lahirkan 10 Pegokart Juara yang Akan Berkompetisi di Eropa

Meski begitu, masih ada beberapa catatan inspeksi terkait riset dan pengembangan yang perlu dilakukan, di antaranya diperlukan penambahan ban di seputar drainase yang terdapat di dalam lintasan.

Selain itu diperlukan juga perataan atau leveling antara aspal trek dengan tanah dan rumput. CIK sendiri telah memberikan waktu sebanyak enam bulan untuk melakukan perbaikan sebelum lisensi diterbitkan. [Po/Byn]

Leave a Reply

Your email address will not be published.