JAKARTA – Setelah dua bulan terbaring di rumah sakit akibat terkena Covid-19. Selasa (23/2), pebalap lengendaris asal Italia dan juga merupakan nahkoda dari Tim Gresini Racing, Fausto Gresini meninggal dunia.

Seperti dikutip dari akun Instragram official Tim Gresini Racing, dijelaskan bahwa, “Berita yang tidak akan pernah ingin kami berikan, dan sayangnya kami terpaksa berbagi dengan kalian semua. Setelah hampir dua bulan berjuang melawan Covid, Fausto Gresini dengan sedih meninggal dunia, beberapa hari setelah berusia 60 tahun.”

Seperti diberitakan sebelumnya, Gresini telah terjangkit virus covid-19 sejak Desember 2020. Pria kelahiran Imola, Italia ini, mengawali karir balapnya sebagai pembalap di kelas 125cc pada tahun 1983.

Karir Gresini menuju puncak kejayaanya, dimulai saat ia menjadi manajer Tim Gresini Racing di tahun 1997. Ia sukses membuat Daijiro Kato pebalap asal Jepang di tahun 2001 meraih kemenangannya.

Selain itu, kemenangan juga berhasil diraih untuk kelas Moto2 pada tahun 2010 bersama Toni Elias. Kemudian di tahun 2018, Gresini juga berhasil membawa Tim Gresini berjaya di Moto3 bersama Jorge Martin. Gresini juga sempat memenangkan FIM Enel MotoE perdananya pada tahun 2019 bersama Matteo Ferrari.

Kesuksesan Gresini dalam memimpin Tim balapnya patut mendapatkan apresiasi banyak tokoh insan balap di dunia. Kerterbatasan dana tidak mengahalangi Gresini untuk dapat berprestasi di pentas balap kelas dunia yang di nakodainya.

Berpulangnya Fausto Gresini tentu meningalkan kesan kenangan yang sangat mendalam, khususnya bagi Tim Federal Oil Gresini Moto2 dan Tim Gresini Indonesia Racing Moto3 serta insan balap Internasional.Selama jalan Fausto Gresini. [Po/Byn]