TANGERANG SELATAN – Balapan di Bulan Ramadhan, ternyata seru banget. Sambil ngabuburit, aksi kebut-kebutan yang memikat bisa didapat. Ya, Fastron Enduro Street Race resmi dimulai 22 April 2022 di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Banten. Event balap ini akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 22 hingga 24 April 2022.

Ajang fun drag race hasil kerjasama Polda Metro Jaya dan Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) ini di dukung penuh oleh PT Pertamina Lubricants (PTPL). Bagi  Pertamina Lubricants, dukungan ini wujud komitmen untuk kemajuan dunia otomotif khususnya olahraga balap di Indonesia.

Pada hari pertama, melombakan 5 Kelas yaitu All bike bebek 2T, All Bike Bebek 4T, All Bike Sport 2T, All Bike Sport 4T dan All Bike Matic. Di hari kedua, Sabtu, 23 April 2022 melombakan kelas All Bike Vespa 4T, All Bike Sunmory dan All Bike Moge (400 cc ke atas. Sementara pada Minggu, 24 April, yang menjadi hari terakhir dikhususkan untuk balap mobil dengan 4 kategori yaitu All Cars s/d 1300 cc, All Cars s/d 1500 cc, All Cars s/d 2000 cc dan All Cars 3000 cc ke atas.

Baca juga :  Dua Kali di Salip Menjelang Finis, Marquez Optimis Dia Tetap Juara Dunia

Event balap di bulan Ramadhan ini mendapat sambutan luar biasa dari pecinta balap, terlihat dari jumlah peserta yang mencapai lebih dari 600 pembalap.

Seremonial pembukaan Fastron Enduro Street Race dilakukan dengan pengibaran chequered flag (bendera kotak-kotak) secara bersama-sama oleh Direktur Utama PTPL Werry Prayogi, Kapolres Tangerang Selatan AKBP Sarly Sollu dan Wakil Ketua PP IMI Rifat Sungkar.

Ajang ini ini bertujuan untuk memberi tempat bagi penggemar otomotif khususnya balapan yang selama ini kurang terakomodir hobi balapnya. Karena tidak dapat menyalurkan hobinya dengan legal, banyak yang kemudian melampiaskannya di jalan raya dalam bentuk balapan liar.

Menurut AKBP Sarly Sollu kondisi tersebut sangat memprihatinkan. Selain melanggar aturan, juga membahayakan keselamatan baik untuk yang melakukan balap liar maupun pengguna jalan lainnya.

Baca juga :  Dua Member TAC Sukses Podium di Kejurda Drag Race LOI & IMI Lampung

Ajang Street Race ini, tambah Kapolres, merupakan upaya Polri khususnya Polda Metro Jaya untuk mewadahi keinginan masyarakat dalam menyalurkan hobi balapnya.

“Kegiatan ini juga upaya Polri dalam menekan balap liar yang mengganggu masyarakat pengguna jalan. Kami mencoba untuk mengubah balap liar itu menjadi balap resmi. Event ini juga jadi pembinaan prestasi untuk komunitas otomotif,” lanjutnya.

Sementara itu Wakil Ketua PP IMI bidang Mobility Rifat Sungkar menyambut baik dan sangat mengapresiasi langkah Kepolisian Daerah Metro Jaya yang mencoba melegalkan balap liar menjadi lebih resmi, aman dan terarah.

“Event Street Race yang diinisiasi Polda Metro Jaya ini patut mendapat dukungan karena event ini menunjukkan upaya kepolisian dalam membina generasi muda dan melindungi keselamatan pengguna jalan. Selama ini pelaku balap liar seperti tidak tahu harus kemana menyalurkan hobi balapnya.  Melalui event ini, hobi dan telenta mereka menjadi lebih terarah,” ujar Rifat Sungkar.

Baca juga :  Kecelakaan Fatal F2 Belgia, Anthoine Hubert Meregang Nyawa

PTPL dengan bangga dapat mendukung sebuah ajang yang dapat mewadahi bakat anak muda di arena balap.

“PT Pertamina Lubricants berkomitmen dalam mendukung dan memajukan dunia otomotif juga dunia balap tanah air. Salah satu upaya yang kami lakukan adalah adalah dengan menyediakan produk-produk pelumas berkualitas yang dapat memenuhi keinginan para pembalap. Semoga ajang ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar dan menjadi salah satu bentuk kegiatan yang positif untuk anak muda di Indonesia,” ujar Werry Prayogi. {PO/Haz}