SPANYOL – Pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo kembali meraih pole position di MotoGP Andalusia setelah mencatatkan waktu terbaik di sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Sabtu (25/7/2020) waktu setempat.

Catatan waktu tercepat awalnya menjadi milik pembalap Yamaha, Maverick Vinales. Hanya saja, pembalap Spanyol tersebut dikenai penalti karena terbukti melakukan pelanggaran batas trek tepatnya di tikungan 7 Jerez ketika dirinya memasuki jalur hijau di trek. Vinales pun harus puas menempati posisi kedua.

Fransesco Bagnaia dari tim Pramac Ducati menghadirkan kejutan setelah berhasil menempatkan diri di posiis ketiga disusul the doctor, Valentino Rossi di urutan keempat.

Bagi Rossi, posisi start keempat jauh lebih baik dibandingkan balapan Minggu lalu. Kala itu, Rossi hanya sanggup mengisi posisi start ke-11.

Baca juga :  MotoGP Malam Ini Bakal Seru, Para Jagoan Start di Bekakang

Sementara itu, beberapa unggulan lainnya seperti Andrea Dovizioso masih merasakan kendala dengan dengan Sirkuit Jerez yang memang dikenal tidak bersahabat dengan Ducati. Balapan nanti dipastikan akan cukup berat bagi Dovi karena ia harus memulai lomba dari posisi 14.

Sesi kualifikasi MotoGP Andalusia terasa seperti ada yang kurang karena absennya sang juara bertahan, Marc Marquez. Marquez sempat turun ke lintasan di Q1, namun tidak sempat menyelesaikan satu putaran ia pun kembali pit.

Selang beberapa menit, tim Repsol Honda mengumumkan the baby alien tidak akan ikut serta di balapan untuk menghindari resiko yang lebih besar terkait dengan kondisi fisik Marquez.

Baca juga :  Duet Rio Haryanto & David Tjipto di Ajang Balap International

Tak Cukup itu saja, Repsol Honda kembali mendapat musibah setelah rekan setim Marc Marquez, yaitu Alex Marquez juga mengalami crash di sesi kualifikasi dan menempatkannya di posisi start ke-21 alias posisi buncit.

Hasil kualifikasi MotoGP Andalusia:

  1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha)
  2. Maverick Vinales (Monster Yamaha)
  3. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati)
  4. Valentino Rossi (Monster Yamaha)
  5. Miguel Oliveira (KTM Tech3)
  6. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha)
  7. Jack Miller (Pramac Ducati)
  8. Takaaki Nakagami (LCR Honda)
  9. Brad Binder (Red Bull KTM)
  10. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
  11. Danilo Petrucci (Ducati Team)
  12. Pol Espargaro (Red Bull KTM)
  13. Cal Crutchlow (LCR Honda)
  14. Andrea Dovizioso (Ducati Team)
  15. Johann Zarco (Avintia Ducati)
  16. Aleix Espargaro (Aprilia Gresini)
  17. Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech3)
  18. Tito Rabat (Avintia Ducati)
  19. Bradley Smith (Aprilia Gresini)
  20. Alex Rins (Suzuki Ecstar)
  21. Alex Marquez (Repsol Honda)
  22. Marc Marquez (Repsol Honda)