PORTUGAL – Enea Bastianini akhirnya sukses merebut gelar juara dunia Moto2 musim 2020 usai finis di posisi lima balapan Moto2 Portugal di Sirkuit Portimao, Minggu 22 November 2020.

Bastianini mengakhiri musim dengan keunggulan 9 poin atas adik Valentino Rossi, Luca Marini, dan Sam Lowes.

Ini adalah prestasi terbaik Bastianini di ajang Grand Prix, setelah finis kedua pada klasemen akhir Moto3 2016.

Marini sempat memimpin balapan, namun kemudian melakukan kesalahan di lap pertama dan disalip Bastianini serta Remy Gardner. Namun, pembalap VR46 itu kembali memimpin balapan di lap kelima setelah melewati Gardner.

Baca juga :  Kejurnas IOF NC 2019 Seri 1, Pertarungan Offroader Dimulai di Bumi Raflessia

Bastianini dalam ancaman. Pembalap asal Italia itu turun ke posisi enam di lap sembilan setelah disalip Augusto Fernandez dan Marco Bezzecchi. Di titik ini Bastianini hanya memliki keungulan tiga poin atas Marini di klasemen Moto2 2020.

Bastianini beberapa kali harus berjuang memperebutkan posisi keenam setelah mendapat ancaman dari Jorge Martin. Bastianini baru mampu memiliki keunggulan nyaman hingga lebih dari 1 detik atas Martin di lap ke-18.

Baca juga :  Kemanakah Johann Zarco Akan Berlabuh Setelah di Tolak Suzuki dan Ducati

Posisi Bastianini semakin aman setelah mampu menyalip Fernandez di lap ke-18 dan berada di posisi kelima dan memiliki keunggulan 4 poin di puncak klasemen Moto2 2020.

Gardner sukses menyalip Marini pada tikungan tiga di dua lap terakhir. Pembalap asal Australia itu akhirnya sukses mempertahankan posisi dan meraih kemenangan Moto2 Portugal.

Luca Marini sendiri harus puas finish di posisi kedua disusul Lowes ketiga. [po/rst]