JAKARTA – Pasar sepeda motor di Indonesia terus berkembang. Bahkan Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) memprediksi pertumbuhan permintaan sepeda motor di pasar domestik akan meningkat menjadi 5,1 juta – 5,4 juta unit per tahun.

Hal ini membuktikan kalau sepeda motor masih menjadi alat transportasi favorit mayoritas masyarakat baik di perkotaan maupun di daerah-daerah terpencil sekalipun karena kendaraan sepeda motor dianggap lebih praktis dan efisien.

Tingginya populasi kendaraan roda dua di Indonesia juga menghadirkan gairah bisnis komponen (part) sepeda motor. Pasalnya, komponen sepeda motor sudah menjadi kebutuhan terkait dengan perawatan.

Karena seiring berjalannya waktu komponen-komponen sepeda motor akan mengalami kerusakan atau kualitasnya menurun sehingga harus diganti demi menjaga kenyamanan dan keselamatan pengendara ataupun pemilik motor.

Di Indonesia, banyak beredar produk-produk komponen sepeda motor beragam merek dengan kualitas yang berbeda-beda pula. Karena itu, konsumen harus pintar memilih merek komponen terbaik yang memenuhi aspek kualitas serta harga. Namun permasalahannya, sangat sedikit produk-produk part motor yang berani menawarkan produk kualitas dengan harga terjangkau serta bergaransi.

Baca juga :  Penjualan Sparepart Suzuki Alami Peningkatan

PT eLangsung International dengan merek dagang eLangsung kini hadir memberikan solusi terkait kebutuhan konsumen Indonesia terhadap komponen-komponen sepeda motor yang berkualitas. Tahun 2021, merupakan tahun kedua eLangsung dalam merambah pasar aftermarket sepeda motor tanah air.

Saat ini eLangsung menawarkan lima jenis komponen sepeda motor antara lain chain kit (rantai), kampas rem, disk pad, bearing, serta shock breaker untuk sepeda motor. “Semua komponen yang dipasarkan eLangsung telah melewati quality control serta diproduksi di beberapa pabrik komponen terbaik di Tiongkok yang menjadi mitra eLangsung. Untuk saat ini kita baru pasarkan lima item, namun perlahan kami akan menyediakan semua komponen lengakap untuk sepeda motor,” kata Hendry selaku Manajer Marketing eLangsung.

Baca juga :  Shell Helix Astra: Varian & Kemasan Baru Bikin “Nyetir Tanpa Khawatir”

Tak hanya itu, Hendry menjelaskan bahwa keunggulan eLangsung tidak hanya soal kualitas produk dan harga yang kompetitif. Namun mereka memberikan garansi untuk konsumen (end user).

“Kita berikan garansi untuk konsumen selama 30 hari bila ada kendala kita kembalikan dengan uang. Atau jika dalam 180 hari pemakaian ada kerusakan itu ada garansi ganti baru,” lanjut Hendry.

Syarat klaim garansi juga sangat mudah. Pasalnya di setiap item yang dibeli, konsumen akan mendapat kartu garansi yang nantinya dipakai untuk melakukan klaim.

“Semua produk kita ada kartu garansinya dan itu bisa langsung diklaim di bengkel atau toko tempat si end user (konsumen) itu membeli part. Cukup tunjukkan kartu garansi dan nota pembelian, hanya itu syaratnya,” beber Hendry.

Baca juga :  Begini Cara Kingland Bantu Mitra Ojol di Masa Pandemi

Saat ini, produk eLangsung sudah tersebar di 24 Provinsi seluruh Indonesia dan cakupan area akan terus bertambah karena eLangsung tengah gencar memperluas jaringan distributornya.

“Ke depannya, kita berharap eLangsung dalam waktu dekat ini kita akan melengkapi penyebaran di seluruh Provinsi. Untuk sementara saat ini kita sudah ada di 24 Provinsi. Target tahun depan (2022) minimal kita sudah ada di seluruh Indonesia,” pungkas Hendry.