BARCELONA – Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) yang sudah senang berharap bisa start dari posisi tiga di garis start MotoGP Catalunya 2019, ternyata harus terima penalti dari Steward.

Penalti tersebut akibat aksi Vinales yang dianggap membahayakan di tengah lintasan ketika Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) lakukan flying lap terakhir sesi Q2, Sabtu (15/6).

Insiden di tikungan 9 sirkuit Catalunya nyaris terjadi tabrakan antara Vinales dan Quartararo. Ketika itu Vinales melakukan wheelie bahkan melambai ke penonton seperti selebrasi. Padahal beberapa detik di belakang pembalap tengah melakukan flying lap terakhir, salah satunya Quartararo.

Baca juga :  Casey Stoner Dukung Penuh Jack Miller di Ducati

“Saat itu saya mendapat satu lap lagi jelang kibasan bendera berakhir. Tapi saya sadari semua bisa lakukan kesalahan. Berharap kedepannya dia akan menyadari akan ada pembalap lain seperti saya. Sudah tak saya pikirkan lagi, jadi semua orang bisa lakukan kesalahan,” beber Fabio yang start dari Pole Position.

Vinales yang saat itu mendapat posisi tiga tercepat sesi kualifikasi yakni 1:39,710 detik, terpaut 0,211 dengan peraih Pole Position yakni Quartararo. Vinales harus mundur tiga posisi yakni menjadi posisi enam.

Baca juga :  Alex Rins Beri Masukan Berguna di Malaysia

Pergeseran posisi tersebut membuat Franco Morbidelli (Petronas Yamhaa SRT), Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) terkatrol naik satu posisi.

“Saya tak tahu harus mengatakan apa, usai kibasan bendera finis (Q2 usai) saya langsung wheelie dan menyapa penonton. Tak sadari melihat Fabio dan itu terlambat. Saya tak tahu dan tak menduga. Pandangan saya hanya melihat ke layar posisi,” sahut Vinales yang saat di tengah lintasan, sudah sempat ajukan permohonan maaf kepada Fabio. [Po/Adm]

Leave a Reply

Your email address will not be published.