JAKARTA – Negara Asia akhirnya gagal menjadi tuan rumah MotoGP 2020. Penyelenggara MotoGP Dorna menyatakan bahwa MotoGP Thailand dan Malaysia urung digelar. 

Sebelumnya, MotoGP Jepang juga sudah dinyatakan tak dilaksanakan. Balapan terakbar di dunia ini akhirnya hanya berputar-putar di Eropa saja.

Dalam pengumuman yang disampaikan pada Jumat (31/7), Dorna juga mengumumkan pembatalan untuk MotoGP Argentina. Untuk memenuhi quota 14 seri, akan ditambah satu gelaran lagi di Eropa yang akan diumumkan selanjutnya.

Baca juga :  Tampil dengan Livery Retro, Suzuki Resmikan Tim Ecstar MotoGP 2020

Tiga MotoGP ini akhirnya dibatalkan karena masih merebaknya pandemi Covid-19. MotoGP Thailand rencananya digelar pada 4 Oktober, MotoGP Malaysia 1 November, dan MotoGP Argentina pada 22 November.

Pada kesempatan yang sama Dorna memastikan akan menambah musim MotoGP di Thailand hingga tahun 2016.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menyatakan pihaknya terpaksa membatalkan tiga gelaran ini. Sebagaimana diketahui, MotoGP di tiga negara ini mendapat sambutan hebat dari para fans balap di dunia.

Baca juga :  AM Fadly dan Ninja 250R Juara Asia 2019

“Kami sangat tak sabar untuk kembali ke Thailand, Argentina, Malaysia tahun depan dan seperti biasa, saya ingin berterima kasih kepada para fans untuk kesabaran dan pengertiannya,” ujar Ezpeleta. [Po/Haz]