JAKARTA: Wuling Motors (Wuling) akhirnya secara resmi meluncurkan produk terbaru SUV Wuling Almaz RS di Hall 5 International Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Senin (29/3/2021).

Mobil pintar yang didukung oleh teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) ini dipasarkan dalam dua varian, yakni EX dan Pro dengan pilihan konfigurasi bangku 5-seater dan 7-seater.

Inisial RS yang tersemat di Almaz merupakan singkatan dari Rising Star. Almaz RS merupakan pengembangan dari model sebelumnya yang sudah dibekali fitur perintah suara berbahasa Indonesia yang disebut WIND (Wuling Indonesian Command) dan kini dengan teknologi WISE mobil ini semakin kaya teknologi.

Dengan teknologi WISE, pengemudi bisa mengendalikan dan mengakses kendaraannya menggunakan smartphone atau head unit. Teknologi inovasi WISE ini membuat Wuling Almaz RS semakin pintar karena melengkapi teknologi sebelumnya yakni Wuling Indonesian Command (WIND), teknologi perintah suara berbahasa Indonesia untuk mengaktifkan berbagai fitur di mobil.

WISE juga dilengkapi dengan advanced driver assistance system (ADAS). Fungsinya membantu pengemudi berkendara dalam berbagai kondisi yang akan membuat nyaman dan aman di berbagai kondisi.

Tidak tanggung-tanggung, Chief Financial Officer of Wuling Motors, James Wu menyebut Wuling Almaz RS sebagau mobil ‘digital cerdas’. “Kami ingin menghadirkan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan mobilitas, karena itu kami luncurka Almaz RS, mobil digital cerdas yang mampu memperbaharui definisi dari sebuah kendaraan,” ujar James Wu saat peluncuran.

Istilah mobil ‘digital cerdas’ sepertinya bukan sekadar retorika. Faktanya, segambreng fitur canggih dan teknologi futuristik disematkan di SUV Almaz RS.

Baca juga :  Mobil Listrik Wuling Tampil di Indonesia Electric Motors Show 2019

Teknologi pintar yang membuat Wuling Almaz RS lebih terdepan di kelasnya yakni Internet of Vehicle (IoV), Advanced Driver Assistance System (ADAS), serta didukung perintah suara canggih berbahasa Indonesia pertama, Wuling Indonesian Command (WIND).

Fitur dan teknologi futuristik

Salah satu bagian dari WISE adalah Internet of Vehicle (IoV). Inovasi ini menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui aplikasi MyWuling+ serta head unit. Berbagai fitur yang bisa dikendalikan dengan aplikasi MyWuling+ terdiri dari Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security hingga Bluetooth Key. Sedangkan para pengguna dapat mengakses Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App melalui head unit yang didukung oleh perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND).

“Kehadiran inovasi IoV pada Almaz RS memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai kendali serta mengetahui lokasi kendaraannya melalui MyWuling+ sehingga rasa aman dapat selalu terjaga. Selain itu, pengguna juga dapat dengan mudah memberikan perintah suara untuk mengakses fasilitas navigasi, musik, serta berkirim pesan,” terang Suhendri Laiman selaku Product Planning Wuling Motors.

Beralih ke Advanced Driver Assistance System (ADAS), fitur ini terbagi dalam empat kategori. Kategori pertama adalah Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Fitur tersebut sangat membantu pengemudi khususnya saat mobil menghadapi lalu lintas yang padat dan juga menjaga mobil pada jarak yang aman. Prinsip kerja Traffic Jam Assistance (TJA) sama dengan Adaptive Cruise Control, namun TJA bekerja saat lalu lintas padat dengan kecepatan sangat rendah.

Baca juga :  Toyota Yaris Meriahkan Event Musik Djakarta Warehouse Project

Kategori selanjutnya ialah Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). Fitur LKA berfungsi mempertahankan mobil tetap di lajur yang seharusnya. Fitur ini bekerja dengan mendeteksi marka jalan melalui sensor.

Kemudian, kategori ketiga, yaitu Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Sedangkan kategori terakhir yakni Automatic Light, diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Fitur pendukung

Wuling juga memberikan pembaharuan pada tampilan head unit 10.4 inchi touchscreen di Almaz RS serta menambahkan beberapa fitur lainnya yang dapat dikendalikan melalui perintah suara WIND, yakni pengoperasian wiper serta membuka tutup seluruh jendela dan empat mode pendingin udara yang terbagi menjadi mode hujan, mode segar, mode sejuk, dan mode langit.

Almaz RS didukung oleh mesin bensin berkonfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.500cc turbocharged yang menghasilkan daya maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm. Mesin tersebut bertugas menghantarkan performa ke roda depan. SUV ini mengandalkan transmisi CVT yang menjadikan perpindahan gigi halus dan responsif.

Perihal fitur modern lainnya, Almaz RS diakomodasi oleh panoramic sunroof, start-stop button, 360o Camera, Electric Parking Brake (EPB) dan Auto Vehicle Holding (AVH), Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Immobilizer, Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS).

Baca juga :  PT MMKSI Mulai Ungkap Tampilan New Pajero Sport Ke Publik

Setara mobil harga miliaran

Segambreng fitur canggih di Wuling Almaz RS membuat mobil ini sudah masuk kategori kendaraan dengan teknologi semi autonomous atau auto pilot yang artinya mobil ini bisa jalan sendiri tanpa harus injak gas dan tanpa memegang stir. Sadar atau tidak, teknologi seperti ini biasanya hanya bisa dijumpai di mobil-mobil mewah atau mobil listrik yang harganya mencapai miliaran rupiah macam Tesla.

Sedangkan Wuling Almaz RS sendiri hanya dibanderol Rp350 jutaan. Bahkan harga varian tertinggi Wuling Almaz RS Pro 7 seater hanya Rp370 juta yang juga diberikan subsidi PPnBM oleh Wuling menjadi Rp354,8 juta OTR Jakarta.

Banyak pihak menilai kalau harga Wuling Almaz RS tersebut tidak sepadan dengan fitur-fitur dan teknologi futuristik yang disematkan. Hal ini pula yang membuat takjub pengamat otomotif mulai reviewer, vlogger, hingga para jurnalis otomotif nasional.

Tidak sedikit pula yang menyimpulkan kalau harga Wuling Almaz RS ini layak dibanderol lebih jauh lebih mahal dibanding yang ditawarkan saat ini. Bagaimana pendapat kamu?

Harga Wuling Almaz RS

VarianHarga OTR Spesial (Jakarta)Harga OTR Subsidi (Jakarta)
Almaz RS EX 5-SeaterRp355.800.000Rp340.800.000
Almaz RS EX 7-SeaterRp365.800.000Rp350.800.000
Almaz RS Pro 7-SeaterRp370.800.000Rp354.800.000

[po/Byn]