JAKARTA – Wuling Motors (Wuling) resmi meluncurkan New Confero S Rabu (10/3/2021) kemarin. Kehadiran New Confero S sepertinya layak menjadi ancaman bagi mobil-mobil MPV yang dipasarkan di Indonesia.

Berstatus sebagai mobil MPV, fitur-fitur yang ditawarkan Confero S cukup mengagumkan, termasuk deretan fitur keselamatan di Confero S yang membuat mobil ini bisa dikategorikan sebagai mobil keluarga yang ekonomis namun menawarkan kemewahan.

New Confero S mengusung tagline ‘The Real Spacious Family MPV’, konsep kabin yang luas tetap dipertahankan dengan penambahan berbagai pembaharuan.

“Perjalanan kami di Indonesia dimulai pada tahun 2017 dan dibuka oleh kehadiran Confero Series dan pada hari ini kami memperkenalkan New Confero S untuk memberikan pengalaman berkendara yang semakin menyenangkan bersama keluarga,” ujar Han Dehong, Assistant of President Wuling Motors.

Baca juga: Siap Tarung di Segmen MPV, New Wuling Confero S Tawarkan Sederet Fitur Anyar

Dari sisi eksterior, New Confero S semakin atraktif dan kekinian dengan sentuhan grille yang dinamis dengan mengunakan aksen baru serta Daytime Running Light (DRL).

Sedangkan pada sisi interior, wuling masih mengunakan jam analog sebagai informasi waktu. Namun kesan modern dan berkelas terlihat berkat pengaplikasian desain interior yang bernuansa gelap dengan aksen jahitan merah. Pada sisi kabin New Confero S berkonfigurasi bangku 8-seater dan 7-seater dengan captain seat.

New Confero S juga turut menghadirkan kenyamanan berkendara dengan dilengkapi, yakni rear parking camera, head unit 8” touchscreen, audio control & answering call button, electric adjustable foldable mirror, dan driver seat height adjuster.

Baca juga :  Mobil Kia Kini Resmi Dipasarkan di Bawah PT Kreta Indo Artha

Kemudian yang tidak kalah penting tentunya fitur keselamatan dan keamanan terdapat Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Emergency Stop Signal (ESS), dual SRS airbag, front and rear parking sensor, sistem pengereman ABS & EBD, seatbelt indicator, immobilizer, ISOFIX, hingga anti-theft alarm.

Tire Pressure Monitoring System (TPMS)

Tire Pressure Monitoring System (TPMS) berfungsi untuk memberi informasi kepada pengemudi kalau tekanan angin ban berada di bawah tekanan standar alias di bawah batas aman.

TMPS mendeteksi berkurangnya tekanan angin ban mobil menggunakan sensor kecepatan pada sistem ABS (Anti-lock Braking System) mobil yang berada di roda. Ban mobil yang tekanan anginnya kurang atau kempis akan berputar dengan kecepatan yang berbeda dengan ban yang tekanan anginnya cukup.

Emergency Stop Signal (ESS)

Fitur ESS merupakan jenis fitur keselamatan pasif. Fitur bekerja saat pengemudi melakukan pengreman mendadak, sinyal lampu hazard secara otomatis akan berkedip dengan cepat untuk memperingatkan pengemudi atau pengendara di belakang agar mengantisipasi tabrakan sehingga potensi kecelakaan bisa diminimalisir.

Front and rear parking sensor

Parking sensor sudah menjadi fitur wajib pada kendaraan-kendaraan keluaran baru. Namun kebanyakan parking sensor ini hanya disematkan di bagian belakang mobil. Namun New Confero S kini dilengkapi parking sensor tidak hanya di bagian belakang tapi juga di bagian depan.

Baca juga :  Hanya 30 Unit, MINI GT Edition Dibanderol Rp840 Juta

Parking sensor berfungsi memberi tanda atau sinyal kepada pengemudi agar tidak menyentuh/menabrak objek di belakang yang tidak terlihat. Fitur ini sangat membantu ketika memarkir kendaraan di tempat yang sempit.

Sistem pengereman ABS & EBD

Sama halnya dengan mobil-mobil mewah keluaran baru, New Confero S sudah dilengkapi sistem pengereman Anti Lock Braking System (ABS). Sensor ABS bekerja saat mendeteksi salah satu roda akan mengunci akibat pengereman. Sebelum hal tersebut terjadi, katup hidraulis terbuka untuk mengurangi tekanan pengereman. Sehingga, pengemudi dapat mengendalikan arah laju kendaraan saat mengerem darurat karena roda tidak terkunci.

Selain ABS, ada juga EBD (Electronic Brake Force Distribution). EBD berfungsi mendistribusikan daya pengereman ke seluruh roda mobil. Sistem EBD masih berhubungan dengan ABS. EBD menggunakan ABS untuk menyesuaikan pengereman di semua roda tergantung kebutuhannya.

EBD secara otomatis akan menyesuaikan pengereman di setiap roda dan memastikan as roda depan dan belakang tak terkunci. Dengan EBD, pengereman di bagian belakang lebih optimal tergantung dengan bobot kendaraan itu sendiri. EBD juga dapat menambah traksi kendaraan saat berada di jalan. EBD terdiri dari beberapa komponen yakni sensor kecepatan roda, sensor bobot kendaraan, brake force modulators, dan Electronic Control Unit (ECU).

Baca juga :  Berdandan Hermes, Super Car Ini Tampil Fashionable

Immobilizer

Fitur immobilizer juga memposisikan New Confero S semakin naik level. Immobilizer adalah sebuah sistem keamanan mobil dengan kunci yang unik. Pada kunci mobil ditanami microchip unik yang berbeda di tiap mobil, posisi chip ini ditempatkan pada bagian gagang kunci, yang berfungsi mengirimkan sinyal pada sistem kelistrikan mobil untuk menghidupkan mesin.

ISOFIX

ISOFIX (International Standard Organizations FIX) menjadi fitur keselamatan wajib untuk jenis mobil keluarga. Isofix berbentuk pengait yang terletak di beberapa titik jok bagian belakang yang dirancang untuk memberikan keselamatan bagi anak kecil dan balita. Secara umum, fitur ini menggunakan dua buah besi pengait untuk pemasangan child car seat.

Wuling New Confero S diniagakan mulai dari Rp169.800.000 (OTR DKI Jakarta), sedangkan tipe tertinggi dibanderol Rp 191.300.000.

Harga resmi Wuling Confero S (OTR DKI Jakarta):

New Confero S Type C Lux Rp 169.800.000
New Confero S Type C Lux+ Rp 171.800.000
New Confero S Type L Lux Rp 180.800.000
New Confero S Type L Lux+ Rp 182.800.000
New Confero S Type L ACT Lux Rp 189.300.000
New Confero S Type L ACT Lux+ Rp 191.300.000

[po/Byn]