JAKARTA – DFSK memperkenalkan kendaraan niaga bertenaga listrik di hari pertama pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020, Kamis (5/3/2020) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan.

Adalah DFSK Gelora E yang mengusung teknologi Battery Electric Vehicle (BEV/Full Listrik). DFSK menjelaskan bahwa pengenalan DFSK Gelora E menjadi bagian dari edukasi berkesinambungan setelah sebelumnya mobil listrik DFSK Glory E3 juga diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu.

Tak hanya itu, pengenalan Gelora E ini juga mendukung program pemerintah dalam percepatan kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga :  Posko Siaga Mudik DFSK Siap Manjakan Para Pemudik Lebaran

“Tekad Pemerintah untuk mempromosikan elektrifikasi kendaraan telah disampaikan secara tegas. Kami yakin ada prospek yang kuat akan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Alexander Barus selaku CEO PT Sokonindo Automobile (DFSK) di booth DFSK, JCC.

Berdasarkan uji internal, DFSK Gelora hanya mengkonsumsi 0,145 kWh per kilometer yang setara dengan Rp239 per kilometer.

Sebagai kendaraan komersial, Gelora E sebagai dapat difungsikan di berbagai bidang, terutama di bidang transportasi umum, dan logistik perkotaan.

Gelora E didukung dengan mode pengisian fast charging dari baterai 20 persen hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu 80 menit pengecasan. Sedangkan untuk pengisian reguler, Gelora E bisa dicas menggunakan listrik rumah tangga dengan rata-rata 220V 16A. Dalam kondisi baterai 80 persen, kendaraan listrik ini mampu menempuh jarak berkendara hingga 300 kilometer.

Baca juga :  Spesifikasi dan Fitur Taksi Listrik Hyundai Ioniq EV

Sayangnya, mobil listrik jenis Van ini belum mulai resmi dijual di Indonesia, padahal di beberapa negara Gelora E sudah terjual 30 unit. “Gelora ini sudah terjual 30 unit di berbagai negara. Tahun ini kita berniat melakukan peluncuran resmi di Indonesia dan nanti sekaligus kita umumkan harga resminya,” sambung Alex Barus.

Meski demikian, dalam kesempatan ini DFSK sudah membocorkan perkiraan harga untuk DFSK Gelora E yaitu mulai dari harga Rp489 – Rp499 juta untuk tipe MB dan Rp469 – 479 juta untuk tipe BV. [po/rst]