JAKARTA – Bank Indonesia (BI) melalui Rapat Dewan Gubernur (RDG), pada 14 – 15 November 2018 memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan BI 7-Days Reverse Repo Rate (BI7DRRR) sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 6%.

Termasuk suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 6,75%. Sebelumnya, BI menaikkan suku bunga BI7DRRR pada September 2018 sebesar 25 bps menjadi 5,75%. Informasi ini dikutip dari Kontan.co.id (15/11/2018).

Kenaikan suku bunga acuan BI tersebut diproyeksi akan memicu tekanan pada penjualan mobil, mengingat sebagian besar pembelian kendaraan bermotor dilakukan secara kredit.

Sebagai catatan, sepanjang bulan Januari – Oktober 2018, penjualan mobil baru Toyota secara kredit di Auto2000 mencatat transaksi sebesar 56,7%, sementara secara tunai sebesar 43,3%.

Baca juga :  Tips Melewati Banjir Saat Mengendarai Mobil

Auto2000 merekomendasikan konsumen untuk membeli mobil baru di bulan Desember. Bulan Desember merupakan waktu yang tepat untuk membeli mobil baru. Kenapa begitu?

Tak lain karena biasanya perusahaan pembiayaan akan merespons dengan menaikkan suku bunga leasing setelah suku bunga acuan BI mengalami perubahan. Walau belum ditetapkan, biasanya bunga transaksi pembelian mobil secara kredit akan bergerak naik di awal tahun.

Tidak hanya itu, naiknya suku bunga acuan BI juga dapat memicu kenaikan komponen biaya lain terkait dengan pembelian mobil baru ditambah jika dikaitkan lebih jauh atas pergerakan nilai tukar rupiah dengan dollar dan faktor ekonomi lainnya.

Baca juga :  Begini Cara Berkendara Terhindar dari Aksi Begal

Selain itu, Auto2000 selalu punya program promo spesial bagi pembeli mobil baru Toyota setiap bulannya, teristimewa di bulan Desember 2018 yang bersamaan dengan libur akhir tahun.

Apalagi biasanya, program promo yang ditawarkan terkait dengan metode pembiayaan secara kredit yang memberikan banyak keringanan buat konsumen. Namun kalau belum sempat, peminat dapat browsing dahulu via aplikasi Auto2000 Mobile dan mengatur jadwal test drive jika tertarik untuk mendapatkan informasi lebih detail dan selanjutnya melakukan transaksi pembelian.

“Kami melihat bahwa bulan Desember 2018 merupakan momen yang paling tepat bagi pelanggan untuk membeli mobil baru Toyota. Apalagi terkait dengan kebutuhan libur akhir tahun dan berlimpahnya promo yang siap disajikan oleh Auto2000,” jelas Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000, Selasa (4/12).

Baca juga :  Toyota Recall Alphard dan Vellfire Karena Malfungsi Sabuk Pengaman

Selama bulan Januari – Oktober 2018 ini, Auto2000 sukses mencatat penjualan hingga 123.600 unit mobil Toyota. Artinya, selama periode tersebut Auto2000 menyumbang kontribusi terhadap penjualan Toyota di Indonesia sebesar 43%. [Po/Rst]

Leave a Reply

Your email address will not be published.