BAKU – Azerbaijan memutuskan untuk menunda penyelenggaraan Formula 1. Sirkuit jalan raya Kota Baku diagendakan berlangsung pada tanggal 7 Juni 2020 mendatang sebagai putaran pembuka F1 2020. Hanya saja,wabah global Covid-19 membuat penyelenggara GP Azerbaijan tidak berani memaksakan menggelar balapan.

“Sirkuit Kota Baku (BCC) hari ini telah mengambil keputusan untuk menunda F1 Azerbaijan Grand Prix 2020 yang akan berlangsung pada 5 – 7 Juni. Penundaan ini disepakati setelah diskusi panjang dengan Formula 1 serta FIA dan Pemerintah Republik Azerbaijan. Ini dikarenakan pandemi global Covid-19 yang sedang berlangsung dan keputusan ini berdasarkan pada rekomendasi para ahli. Prioritas utama kami adalah kesehatan rakyat Azerbaijan serta semua penggemar F1 yang datang, staf dan peserta F1,” jelas keterangan resmi penyelenggara GP Azerbaijan dikutip dari situs resmi F1.

Baca juga :  Selama Darurat Corona, Pertamina Siapkan Delivery BBM & LPG

Dengan begitu, otomatis saat ini balapan pembuka sementara ini digeser ke Grand Prix Kanada tanggal 14 Juni 2020. Tentunya tidak ada jaminan 100 persen alias masih ada kemungkinan GP Kanada ikutan mundur.

Pasca pengumuman penundaan Azerbaijan, CEO F1 Chase Carey makin pusing dengan kelanjutan musim F1 tahun ini. “Kami menyadari bahwa semua orang ingin tahu apa yang akan terjadi selanjutnya untuk Formula 1 pada tahun 2020 tetapi kami tidak dapat memberikan jawaban khusus mengingat situasinya,” kata Carey.

Baca juga :  Resmi, IIMS 2020 Ditunda Hingga Waktu yang Belum Ditentukan

“Namun, kami berencana untuk memulai musim kejuaraan 2020 segera setelah aman untuk melakukannya. Kami terlibat dengan para ahli dan otoritas terkait setiap hari dan kami mengevaluasi bagaimana kemungkinan beberapa bulan ke depan,” beber Carrey.

Azerbaijan sendiri menjadi tuan rumah ke delapan yang membatalkan atau menunda penyelenggaraan F1. Sebelumnya Australia, Bahrain, Vietnam, China, Belanda, Spanyol, dan Monaco memilih langkah yang sama. Bahkan GP Monaco memutuskan sepenuhnya membatalkan menggelar F1 tanpa adanya tanggal pengganti. [po/rst]