JAKARTA – Jika balap dunia telah mengambil keputusan menunda ajang balapnya hingga penyebaran virus Corona teratasi sejak beberapa Minggu lalu, hal yang sama akhirnya diambil oleh pemangku balap di Indonesia beberapa pekan kemudian.

Dalam surat keteranganya di Jakarta pada Rabu (18/3) Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) menyatakan jadwal balap tahun 2020 ditunda guna membatasi penyebaran virus Corona di Indonesia.

“Hal ini perlu kita lakukan secara bersama-sama serta terkoordinasi dengan baik, guna mendukung program pemerintah Indonesia dalam mencegah semakin berkembangnya vius Corona di seluruh Indonesia,” jelas Ketua Umum PP IMI Sadikin Aksa  dalam keterangan tersebut.

Baca juga :  Indoclub Putaran 4: Balap 2 Tak Siap Meriahkan Sentul Akhir Pekan Ini

IMI menyatakan harus mengambil langkah penting ini dalam rangka mengikuti himbauan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid 19) di Indonesia.

“Untuk sementara waktu dilakukan penundaan jadwal atau reschedule mulai saat ini dari seluruh kegiatan IMI di bidang organisasi: mobilitas: olahraga mobil dan olahraga sepeda motor.

Seluruh jadwal balap IMI telah disampaikan ke masyarakat pada pertengahan Februari lalu di mana kabar virus Corona belum sehebat seperti saat ini. Kejurnas balap antara lain, Motoprix, Oneprix, IMS, Motocross, Powertrack, Grasstrack, Yamaha Sunday Race, Yamaha Cup Race, dll.

Baca juga :  Gubernur Emil Tantang Marc Marquez di Gedung Sate-Bandung

Setidaknya hingga pertengahan tahun 2020, penggemar balap harus melupakan aksi kebut-kebutan di sejumlah sirkuit di Indonesia. Ya, lebih baik, kebut-kebutan berakhir ketimbang virus Corona yang ngebut duluan. [Po/Haz]