JAKARTA – Pertamina mencoba membuat harga Pertamax menarik di mata konsumen. Per tanggal 1 Februari 2020, BBM non subsidi ini diturunkan harganya dari 9.200, menjadi 9.000. 

Ah… hanya 200 perak saja? Ngaruh gak ya? Tapi lumayan, sejak awal tahun, penurunan terus terjadi untuk produk non subsidi ini. Januari lalu, Pertamax juga turun dari Rp.9.850 menjadi Rp.9.200.

Turunnya harga Pertamax ini bersaman dengan kebijakan baru Pertamina dalam penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) umum jenis bensin (Gasoline) untuk produk Pertamax Series,

Harga baru ini terhitung mulai Sabtu, 1 Februari 2020 pukul 00.00 waktu setempat. Penyesuaian berupa penurunan harga di produk Pertamax dan Pertamax Turbo.

Baca juga :  Asuransi Adira Layani Proses Klaim Konsumen Hanya dalam Waktu 3 Hari

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan bahwa Ini merupakan komitmen Pertamina untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Sekaligus juga sebagai upaya Pertamina dalam mendorong masyarakat untuk dapat menggunakan produk-produk BBM Pertamina yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan.

Harga baru BBM yang berlaku di beberapa daerah bisa berbeda karena dipengaruhi perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah.

Baca juga :  Beli Asuransi Mobil Adira Bisa Lewat Traveloka

Fajriyah mencontohkan untuk wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, harga BBM umum jenis Pertamax mengalami penyesuaian dari sebelumnya Rp 9.200 menjadi Rp 9.000 per liter.

Lalu, Pertamax Turbo disesuaikan harganya dari sebelumnya Rp 9.900 menjadi Rp 9.850 per liter. Adapun harga BBM lainnya tidak mengalami perubahan. Untuk detail harga BBM selengkapnya dapat dilihat di http://www.pertamina.com.

Melihat harga baru ini, mungkinkah pengguna Premiun dengan harga Rp.6.450 atau Pertalite engan bandrol Rp.7.650 bakal mengubah kebiasaannya dalam membeli bahan bakar? Hemm… melihat beda harga yang masih terlalu jauh, kemungkinan tak terlalu berpengaruh. 

Baca juga :  Fadli Ananda: Pembalap, Musisi, Sekaligus Dokter yang Punya Jiwa Sosial Tinggi

Pertamax setidaknya, beda harga Rp.1000 dengan dua bahan bakar di bawah. Nah, baru masyarakat akan tertarik untuk menggunakannnya. Jadi setidaknya, Pertamax punya harga sekitar Rp.8.500, baru pas di kantong. [Po/Haz]