JAKARTA – Berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali menumbuhkan geliat perekonomian dan aktivitas warga di Jakarta. Aktivitas ini tentu juga kembali memunculkan kendaraan – kedaraan yang telah lama tersimpan di garasi.

Lama terpakir selama masa PSBB tentu banyak diantara pemilik kendaraan tidak melakukan perawatan maksimal terhadap kendaraaanya. Melihat kondisi tersebut, Marchel pemilik bengkel Cat dan Coating Callys Car Beauty menawarkan solusi perawatan kendaraan kinclong maksimal dengan biaya murah.

Bagi Marchel mengatakan, banyak diantara sebagian pemilik kendaraan berpendapat bawha mobil atau motor yang lama tidak dipergunakan, tetap dalam kondisi bersih dan terhindar dari kotoran dan debu yang menempel.

Pemahaman demikian tidak sepenuhnya benar, seperti yang dijelaskan oleh Marchel, pemilik Callys Car Beauty di bilangan Jl Radio Dalam.”Bahwa kendaraan yang terlihat bersih bukan berarti kendaraan itu bebas dari jamur, baik jamur body maupun kaca, terlepas dari kendaraan itu digunakan untuk aktivitas sehari-hari maupun hanya terparkir saja selama 3 bulan di rumah,”

Baca juga :  Sunmori Shop&Bike dan Pirelli Indonesia Bareng Bikers Depok

Hal ini disebabkan oleh iklim di Indonesia yang memiliki tingkat kelembaban cukup tinggi, ditambah seringnya perubahan cuaca dari panas ke hujan secara tiba-tiba dan hembusan partikel debu polusi udara yang menempel pada body kendaraan akan membuat kondisi cat kendaraan menjadi lebih cepat kusam dan berjamur.

Untuk itu Marchel menyarankan agar para pemilik kendaraan, khususnya mobil, walaupun tidak digunakan untuk beraktivitas tetap melakukan perawatan sederhana, minimal membersihkan body kendaraan 1 atau 2 hari sekali dengan menggunakan lap microfiber.

Kenapa harus lap microfiber? ungkap Marchel, “Lap microfiber itu memiliki daya resap yang besar, baik terhadap air maupun kotoran atau debu halus, kotoran atau debu tersebut akan masuk kedalam lapisan fiber kain dan tidak menyebabkan cat kendaraan tergores ketika kita melakukan pengelapan berulang-ulang,”

Lebih jauh Marchel menjelaskan,”Hal ini berbeda dengan lap sintetis chamois yang cenderung dapat membuat lecet body kendaraan dikarenakan kotoran/debu akan tetap menempel pada permukaan lap tersebut,”

Baca juga :  Berada di Pusat Wisata Bogor Diler Mitsubishi Tajur Berikan Layanan 3S

Bagi pemilik kendaraan yang bodynya sudah di detailing atau sudah pernah di coating, pemilik racikan Callys Super Glossy ini menjelaskan bahwa sebaiknya hindari penggunaan shampoo mobil yang ber-Ph tinggi.

“Kalau mobil sudah di coating atau minimal detailing, ketika terkena air hujan atau cipratan kotoran, cukup siram saja dengan menggunakan air bersih lalu di lap menggunakan lap microfiber yang bersih, saya tidak menyarankan utk dicuci menggunakan shampo mobil,” lanjut Marchel.

Mobil yang terlalu sering dicuci dengan shampo berkandungan ph tinggi dapat berdampak pada lapisan detailing maupun coating yang melindungi cat.

“Kotoran yang menempel pada body kendaraan itu yang hanya ada di luar lapisan poles atau coating, jadi cukup gunakan air bersih saja untuk meluruhkan kotoran tersebut,” pungkas Marchel.

Saat ini Callys Car Beauty yang berdiri sejak tahun 2019, melayani berbagai kebutuhan pemilik kendaraan mulai dari Auto Detailing, Coating, Pelapis Anti-Karat sampai dengan pengecatan ulang kendaraan.

Baca juga :  Honda Mandalatama Sebagai Dealer 3S Pertama di Kabupaten Jepara

Khusus untuk layanan Auto Detailing dan Coating, Callys Car Beauty memiliki resep khusus yang merupakan racikan Marchel sendiri, bahkan Marchel berani mengklaim bahwa hasil Coating dari workshopnya berkualitas 10H yang super glossy.

“Hanya Rp 700 ribu pemilik mobil city Car dapat menikmati layanan Full Detailing atau yang mau Coating cukup siapkan Rp 1,5 juta saja kategori Small Car, sudah bisa mendapatkan layanan Diamond Coating 10H (2layer) dari kami, masih ditambah layanan antar pulang ke rumah free dari kami bagi pelanggan yang mobilnya menginap di workshop kami lho,” tutup Marchel. [Po/Ajr]