JAKARTA – Volvo Bus secara resmi meluncurkan sasis Volvo B11R dan Volvo B8R di ajang Busworld South East Asia Exhibition 2019 Jakarta, Rabu (20/3), di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Volvo menjelaskan bahwa Indonesia merupakan pasar bus potensial. Hal tersebut menjadi latar belakang perusahaan-perusahaan bus ternama untuk menghadirkan produk berkualitas tinggi, aman, dan ramah lingkungan.

“Melalui rekam jejak yang telah terbukti selama lebih dari 90 tahun, Volvo Bus sangatlah ideal untuk memenuhi tuntutan operator dan penumpang bus. Saat ini, kami sangat senang memperkenalkan produk terbaru kami, Volvo B8R dan Volvo B11R, di Indonesia. Bus-bus ini telah membuktikan kinerjanya dengan berbagai permintaan pelanggan di beberapa negara dan pastinya juga memenuhi persyaratan pasar bus di Indonesia,” ujar Akash Passey, Senior Wakil Presiden Volvo Bus.

Baca juga :  Jaguar I-PACE Raih Golden Steering Wheel Award Sebagai SUV Terbaik

Sejak 2018, lebih dari seratus bus Volvo B11R beroperasi sebagai bagian dari sistem BRT Busway TransJakarta. Konfigurasi ini, dikenal secara lokal sebagai “maxibus” yang dengan nyaman dapat menampung hingga 90 penumpang dan sangat populer di kalangan pengguna.

“Volvo memiliki pengalaman luas dalam sistem Bus Rapid Transport (BRT), sejak memelopori konsep ini lebih dari 40 tahun yang lalu di Curitiba, Brasil. BRT adalah solusi angkutan massal yang terbukti efektif dan berkapasitas tinggi, memberikan kinerja setara kereta metro dengan biaya dan kompleksitas yang rendah. Disamping itu, Volvo Bus merasa sangat terhormat atas kesempatan untuk menjadi bagian dari Busway TransJakarta,” lanjut Akash Passey.

Baca juga :  Tampilan Depan Toyota Avanza & Daihatsu Xenia 2019 Mirip Xpander ?

Volvo Bus menampilkan dua versi dari sasis Volvo B11R mereka di Busworld yakni Ultra-High-Coach dan Double Decker Coach, untuk memenuhi berbagai kebutuhan transportasi jarak jauh dan antar kota.

Volvo B11R dengan mesin 11 liter serta mesin 430 hp mampu memberikan kinerja terbaik dan kepuasan pengemudi. Disandingkan dengan transmisi terkemuka Volvo Bus yakni I-Shift AMT 12-speed, yang dioptimalkan untuk coach touring, pengemudi dapat dengan aman dan mudah memprtahankan kecepatan serta memastikan perjalanan yang mulus dan menyenangkan bagi penumpang.

Sementara Volvo B8RLE low-entry model juga turut mejeng pada pameran Busworld SEA. Volvo B8RLE cocok untuk rute berkapasitas penumpang tinggi yang membutuhkan aktivitas keluar masuk yang cepat.

Baca juga :  Simak, Alasan Mitsubishi Luncurkan Xpander Edisi Spesial di Akhir Tahun

Rangkaian Volvo B8R dirancang untuk memenuhi permintaan aplikasi lalu lintas kota, antar kota, dan juga perkotaan. Dilengkapi dengan mesin Volvo B8 – mesin Volvo yang paling hemat bahan bakar, Volvo B8RLE dirancang untuk mengoptimalkan keseluruhan biaya operasional. [po/rst]

Leave a Reply

Your email address will not be published.