JAKARTA – Toyota merupakan brand otomotif yang menjadi pionir dalam urusan line up mobil-mobil elektifrikasi termasuk mobil hybrid.

Bahkan di tahun depan, tepatnya di perayaan 50 tahun Toyota di Indonesia, pabrikan otomotif asal Jepang itu berencana memulai produksi kendaraan hybrid secara lokal untuk dijual di pasar domestik ataupun untuk diekspor keluar negeri.

“Seperti yang sudah kita sampaikan tahun 2022 sudah mulai memproduksi model-model hybrid,” kata Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam dalam konferensi pers virtual, Rabu (16/12).

Baca juga :  Karimun Wagon R Produksi Tambun, Jadi Primadona di Pakistan

Bob menambahkan ada dua alternatif soal produksi lokal mobil hybrid antara lain menghadirkan model baru atau membuat versi hybrid dari model-model yang sudah dipasarkan.

“Berdasarkan pertimbangan, sepertinya kita lebih memilih meng-hybridkan model-model yang sudah ada. Apalagi model-model tersebut sudah diterima pasar ekspor, jadi sekaligus kan untuk domestik dan ekspornya,” lanjut Bob.

Meski begitu, ia belum memberikan informasi detil mengenail model mana yang akan dibuat versi hybrid. Sejauh ini, beberapa line up Toyota Hybrid antara lain Camry, Alphard, C-HR, serta Corolla Hybrid. [po/rst]